Cara Daftar dan Submit Blog Di Google

Daftar dan Submit Blog Di Google – Daftar dan submit blog di Google itu memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaat jika blog yang kita miliki sudah terdaftar dan disubmit adalah blog dapat terindeks dengan mudah oleh Google boot. Dengan demikian, setiap halaman blog kita akan muncul di hasil penelusuran Google untuk setiap kata kunci tertentu yang dimasukan.


Blog yang terdaftar dan disubmit di Google sangat berpengaruh sekali bagi kualitas SEO. Hal ini disebabkan oleh tanpa daftar dan submit blog, blog kita akan diindeks oleh Google dalam waktu yang lebih lama. Akibatnya, blog tidak akan muncul di hasil penelusuran Google dan kualitas penerapan SEO dalam blog kita tidak akan berjalan optimal.

Pernahkah kita berpikir jika blog yang susah payah kita bangun dan optimalisasi tidak akan memberikan hasil apapun karena kita lupa atau tidak melakukan pendaftaran dan submit blog ke Google? Jika memang demikian, ada baiknya kita segera mendaftar dan submit blog ke Google agar blog cepat terindeks dan semua konten blog kita dapat ditampilkan dalam hasil penelusuran.

Ibaratnya sebuah toko, toko tersebut tidak akan pernah dikenal oleh masyarakat luas jika dari awal dibuat sampai sekarang tidak pernah diupayakan untuk lebih kenal seperti dipromosikan dan sebagainya. Akibatnya, bisa dipastikan jika toko tersebut tidak laku. Penyebabnya bukan karena produk atau harganya yang tidak bagus, tetapi karena toko tersebut sama sekali tidak dikenal oleh calon konsumennya.

Ada beberapa sumber yang menyatakan jika blog yang tidak didaftarkan dan submit pun akan tetap terindeks oleh Google. Akan tetapi, hal itu membutuhkan waktu yang lama. Untuk mencapai efisiensi maka daftarkan dan submit blog kita ke Google.

Cara untuk mendaftar dan submit blog di Google adalah sebagai berikut:

Cara daftar blog ke Google.

Masuk ke Google Webmaster.

Setelah itu, masukan URL blog kita.


Langkah selanjutnya adalah verifikasi kepemilikan untuk menandakan apakah blog yang kita daftarkan itu memang milik kita. Pada verifikasi kepemilikan ini pilih metode alternatif, lalu pilih opsi menambahkan meta tag ke dalam blog kita.


Perhatikan kode yang diberikan. Salin kode tersebut dan tempelkan ke dalam blog kita.

Caranya adalah sebagai berikut,
1. Masuk ke akun blogger kita masing-masing.
2. Klik rancangan.
3. Klik edit HTML.
4. Klik expand template widget.
5. Cari kode berikut. (Tekan tombol Ctrl+F pada keyboard)

<head>

6. Masukan kode verifikasi dari Google tepat di bawahnya.
7. Klik simpan dan selesai.

Setelah kode verifikasi terpasang dalam blog kita, kemudian klik tombol verifikasi.


Verifikasi berhasil dan selesai.

Cara submit blog ke Google.

Buka link http://www.google.com/addurl/.

Login terlebih dahulu dengan akun gmail kita.

Setelah itu, masukan URL blog kita dan isi kode verifikasi kata yang ada di bawahnya untuk menandakan jika kita bukan SPAM.


Submit blog di Google telah selesai kita lakukan.

Manfaat lain yang dapat kita peroleh dari mendaftarkan blog ke Google adalah kita akan mendapatkan fasilitas untuk melihat statistik mengenai blog kita, terutama dalam hal pengindeksan setiap halaman postingan di blog kita seperti Peta Situs, Akses perayap, Tautsitus, Perubahan alamat, Setelan, Parameter URL, Kueri penelusuran, Tautan ke situs kita, Kata kunci, Tautan internal, Statistik pelanggan, dsb.

56 komentar:

  1. saya dulu sudah perna submit blog saya di google sobat, tapi belum memasukkan code submit di head sobat,, tapi saya lupa2 juga sobat,... klo blog yg uda ber PR, apa masih bisa melakukan submit lagi sobat.... mohon pencxerahannya sobat,...

    BalasHapus
  2. kalau submit tidak perlu memasukan kode verifikasi.
    kalau daftar, kita wajib memasukan kode verifikasi agar blog kita terverfikasi dengan benar.

    kalau dulu belum memasukan kode verifikasi, kita masukan saja sekarang dalam blog kita.
    masuk saja ke dalam google webmaster, nanti akan ada nama blog kita dan keterangan jika blog belum terverifikasi. nah, lakukan verifikasi dengan memasukan kodenya pada blog kita seperti langkah2 di atas.

    BalasHapus
  3. aku sudah submit semuanya sobat..
    makasih yah infonya

    BalasHapus
  4. Tipsnya sudah saya praktekan kawan,namun blog saya mungkin masih kurang materi artikel jadi blom begitu dikenal sama mbah google ini.Memang submit dan daftar di google ini sangat perlu untuk optimalisai blog kita.Makasih banyak infonya.

    BalasHapus
  5. mungkin nih artikel tepatnya diberi judul cara daftar sitemap google dan submit artikel ke google kali ya??? sebab submit url meskipun tanpa daftar sitemap tetap akan diindek oleh google tapi kurang optimal. So bagus sekali, dan saya sudah mempraktikkannya

    BalasHapus
  6. sepertinya sekarang sudah terintegrasi jadi waktu nambah site ke google webmaster gak perlu verifikasi lagi.

    BalasHapus
  7. ia bner kt coment di atas sy.
    Skrg keany lbh prakts

    BalasHapus
  8. @Arham Sukardi:

    semoga cepat diindeks oleh Google ya. :)

    BalasHapus
  9. @Laras Mays:

    daftar dan submit blog ini sangat berguna untuk mempercepat indeks Google terhadap blog milik kita. dengan demikian, peluang blog untuk muncul dalam SERP akan semakin besar ketika ada seseorang yang mencari info dgn keyword tertentu.

    BalasHapus
  10. @keyword terkenal:

    trims untuk masukannya. saya pilih blog bukan artikel karena dengan adanya blog yang didaftar dan submit maka keseluruhan konten halaman baik itu berisi artikel, gambar, video, dsb dalam blog tsb akan diindeks semuanya oleh Google.

    BalasHapus
  11. @Kevin:

    jika mendaftarkan blog ke Google harus verifikasi kepemilikan blog kita bro. silakan dicek. :)

    BalasHapus
  12. @katils:

    wajib verifikasi terlebih dahulu. jika tidak, akan muncul keterangan blog yang kita daftarkan belum diverifikasi.

    BalasHapus
  13. wah, pastinya blog yang sudah terdaftar akan lebih mudah di-indeks google ya..
    nice post :)

    BalasHapus
  14. betul, lebih cepat terindeks dan lebih terbuka lebar peluang halaman blog kita tampil di SERP.

    BalasHapus
  15. info yang sangat menarik

    thank for share gan

    BalasHapus
  16. Ada berbagai kemudahan yang dimiliki oleh pengguna blogspot untuk urusan submit ke google ini. Apalagi kita menggunakan layanan blogspot, webmaster tool, youtube dan layanan lainnya dalam satu aku gmail..Nice share and happy blogging!

    BalasHapus
  17. Saya coba nih infonya..cuman kalo ganti template kode verifikasinya suka hilang

    BalasHapus
  18. Wah saya baru tau sob

    Langsung saya coba nanti :)

    BalasHapus
  19. @BLOGCUNAYZ:

    trims sudah berkunjung.

    BalasHapus
  20. @Iskaruji dot com:

    semua sudah terintegrasi dan kemudahan bisa kita dapat.

    BalasHapus
  21. @Ban Terbaik di Indonesia GT Radial:

    jangan kebanyakan ganti template juga bro. :)

    BalasHapus
  22. @Momentum of Learning:

    silakan dicoba. :)

    BalasHapus
  23. alhamdulillah gw udah submit sob,, hehehe,, :) thx infonya,, :D

    BalasHapus
  24. udah juga sob :),, biar mantapps

    BalasHapus
  25. @Rama88:

    semoga cepat terindeks ya halaman blognya.

    BalasHapus
  26. @hamparan:

    agar blog kita lebih seo friendly bro. :)

    BalasHapus
  27. mau tanya sob antara http://www.google.com/addurl dan http://blogsearch.google.com/ping bedanya apa?

    BalasHapus
  28. sudah pernah didaftarin.. dan emang sih, ngefek banget. tiap masukin keyword yang cocok isi blog kita bakalan terindeks.

    well, kalo submit berulang-ulang bisa diblok nggak ya sama Googlenya?

    BalasHapus
  29. @Liandri eko:

    kalau add url itu digunakan untuk menambahkan blog yang akan diindeks oleh Google. sedangkan ping itu merupakan fasilitas yang digunakan untuk memberikan peringatan/perhatian kepada Google agar melakukan indeks ulang terhadap blog yang sebelumnya sudah kita daftarkan.

    BalasHapus
  30. @Gaphe:

    kalau submit berulang2 sepertinya tidak masalah, hanya saja kurang efisien. yang bermasalah adalah ketika terlalu banyak ping, karena ping yang terlalu banyak akan dianggap Google sebagai spam sehingga bisa saja blog kita dimasukan ke dalam sandbox.

    BalasHapus
  31. wah berarti musti simpan script di head ya mas..mksh info nya.langsung ke TKP

    BalasHapus
  32. itu salah satu pilihan untuk verifikasi kepemilikan. ada juga cara lain yang bisa kita gunakan. saya menganjurkan cara pemasangan meta tag di bawah kode < head > karena lebih praktis.

    BalasHapus
  33. Wah, terima kasih mas...
    Sudah saya lakuin semua tuh...

    Tapi biasanya sih low ganti template, terkadang kan lupa low ada beberapa kode penting yang memang gk seharusnya untuk dilupain,.,, hehehe...
    Ada tips untuk menyiasati biar gk lupa gk mas???

    Salam,

    BalasHapus
  34. Makasih dah sharing tipsnya, dah saya coba mudah-mudah bisa ada perubahan positif buat blog saya,....

    BalasHapus
  35. @Jejak Ubaidillah:

    lakukan backup secara manual saja bro. jadi kita simpan kode verifikasi kepemilikan dari pendaftaran ke Google. jika kita selesai ganti template blog maka kita tinggal menempelkan kode verifikasi yang sudah kita simpan sebelumnya tsb ke template blog kita yang baru.

    BalasHapus
  36. @ToSan:

    amin.
    semoga mendapatkan hasil yang bagus untuk SERPnya ya.

    BalasHapus
  37. makasih boz infonya... salam suskes selalu

    BalasHapus
  38. kode verifikasi blog sy hilang ketika ganti templete, bgm untuk mengetahui kode tsb lagi ?

    BalasHapus
  39. lakukan pendafataran kembali bro, nanti kita akan mendapatkan kode verifikasi meta tag kembali.

    BalasHapus
  40. Terima kasih infonya,,lgs praktek

    BalasHapus
  41. Terima kasih postingnya bermanfaat untuk mudah terindek di Search Engine dan tentunya secara otomatis dapat meningkatkan traffic blog, setelah daftar url di Google, daftarkan juga blog ke Google Blog Search.

    BalasHapus
  42. Mantap terima kasih infonya...

    BalasHapus
  43. tq info nya sob...ntar saya coba deh...
    mampir ea >>> http://andre10c27a.blogspot.com/

    BalasHapus
  44. salam...

    masalah saya ialah....ADD SITE itu tidak keluar selepas sy sudah sign in account ini.... macam mana yea

    BalasHapus
  45. Mantap...tapi gimana caranya nya submit , trus blog kita keluar dalam hitungan jam???

    BalasHapus
  46. ok gan.tmks sdh coba untuk blog http://freewaresoft20.blogspot.com

    BalasHapus
  47. Aku juga dah nyoba nie..

    BalasHapus
  48. gmn ya bang..blog aq dah terindex sama google..tp knp setelah aq uatak utik google addword kok malah menghilang ya..
    maklum..baru pemula..
    tlg kasih saran dong
    tq

    BalasHapus
  49. Apakah Setiap memposting, kita harus men submit url.!
    atau kita hanya men submit di awal saja..!

    BalasHapus
  50. terima kasih gan work 100% .

    BalasHapus
  51. terimakasih gan sangat berhasil
    mampirblog baru buat butuh banyak masukan
    http://zapata7.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  52. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    Silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus
  53. Selamat datang di intanqq

    Ayo bergabung bersama kami, tersedia 7 permainan dalam 1 ID:
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Apa kelebihan bermain di intanqq? Berikut kelebihannya:
    - BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
    - BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
    - Win rate 98%
    - No robot
    - Fair play 100% player vs player

    Tunggu apalagi? Ayo segera bergabung sebelum ketinggalan promonya :)

    bandarq
    dominoqq
    domino99 online terpercaya
    Domino Qiu Qiu
    dominoqq

    BalasHapus
  54. Selamat datang di PunyaPoker.com

    Ayo bergabung bersama kami, tersedia 7 permainan dalam 1 User ID:
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Apa kelebihan bermain di PunyaPoker.com? Berikut kelebihannya:
    - BONUS TURNOVER 0.5% SETIAP HARI SENIN
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 10.000 dan Proses super cepat 1 menit.
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
    - Win rate 98%
    - No robot
    - Fair play 100% player vs player

    Tunggu apalagi? Ayo segera bergabung sebelum ketinggalan promonya :)

    BalasHapus