Apa Itu Google Panda ?

Google panda merupakan fenomena dalam dunia blogging akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, kemunculan google panda sebagai algoritma pencarian baru oleh google ini sempat membuat banyak rumor akibat aksinya yang mendepak begitu banyak website dan blog dari posisi strategis halaman hasil pencarian merosot ke posisi yang sangat buruk.


Kita tentu tahu jika aksi google panda ini sangat mengejutkan. Perubahan algoritma ini pasti didasarkan pada latar belakang yang serius dalam dunia internet. Apakah ada yang tahu apa yang menyebabkan google memunculkan google panda? Atau kita justru belum tahu apa google panda itu?

Google Panda refers to the changes introduced in 2011 to the search algorithm used by Google to improve Internet search results. The change aims to lower the rank of "low-quality sites" in search results and return high-quality sites to Google's users. CNET reported a surge in the rankings of news websites and social Networking sites, and a drop in rankings for sites containing large amounts of advertising. This change reportedly affected the rankings of almost 12 percent of all search results. Soon after the Panda rollout, many websites, including Google's webmaster forum, became filled with complaints of scrapers/copyright infringers getting better rankings than sites with original content. At one point, Google publicly asked for data points to help detect scrapers better. Google's Panda has received several updates since the original rollout in February 2011, and the effect went global in April 2011. To help affected publishers, Google published an advisory on its blog, thus giving some direction for self-evaluation of a website's quality. (wikipedia)

Google panda merupakan algoritma baru yang digunakan oleh google sebagai mesin pencari untuk menemukan dan menampilkan halaman blog dan situs berdasarkan keyword yang diinginkan. Google panda dikeluarkan oleh google pada tanggal 28 Februari 2011.

Latar belakang munculnya google panda karena selama ini hasil pencarian halaman oleh google untuk sebuah keyword yang dimasukan dianggap tidak valid. Banyak situs besar yang mengajukan komplain kepada google karena hasil pencarian untuk keyword yang mengarah pada halaman di situs mereka justru kalah bersaing dengan situs kecil yang bahkan halamannya itu memuat konten hasil jiplakan dari situs yang terkenal tersebut.

Karena itu, google kemudian mengeluarkan google panda sebagai algoritma baru mereka dalam melakukan pengindeksan terhadap halaman di blog kita. Cara kerja pengindeksan halaman ini dilakukan dengan cara mendownload seluruh halaman blog kita, kemudian memasukan dan menampungnya dalam sebuah wadah. Nah, ketika ada seseorang yang ingin mencari informasi maka google akan memberikan halaman yang menyajikan informasi dengan menampilkan halaman blog yang lebih relevan berdasarkan keyword yang dimasukan.

Apakah kita pernah mengunjungi sebuah blog yang berisi konten bajakan dari search engine?
Google panda juga memiliki fungsi untuk menyingkirkan blog yang kebanyakan isinya hanyalah konten copas yang tidak bermutu.

Ada juga yang mengatakan jika pada algoritma google panda ini lebih memprioritaskan pada konten sebuah blog yang lebih baru muncul daripada konten blog yang sudah lama. Sehingga, hal tersebut harus kita sikapi dengan banyak melakukan update blog dengan konten yang segar. Konten adalah raja. Konten juga bisa diibaratkan sebagai darahnya blog. Jika update konten lancar, maka bisa diibaratkan sirkulasi darah juga lancar sehingga menyehatkan. Begitu juga jika terjadi sebaliknya.

Banyak kontroversi yang timbul setelah kemunculan google panda. Salah satunya adalah perubahan besar-besaran untuk strategi seo yang harus diterapkan dalam menangani google panda. Akan tetapi, apapun itu google panda maka kita harus mengikuti aturan mainnya dengan baik agar kita selalu survive dalam dunia internet yang selalu banyak perubahan.

48 komentar:

  1. hmm, mesin pencari google panda,,kok sy tdk pernah menemukan , y ,, momen kapan nih sob pas tanggal 28 Februari 2011.ini saja kah

    BalasHapus
  2. content is king...! setuju banget heheh

    BalasHapus
  3. ada bagusnya juga nih google panda yg memudah pencarian dengan algoritma baru, tapi ada gak bgusnya juga, bisa-bisa blog kita terdepak lagi dari pencarian... sungguh ironis perkembangan teknologi dari google...

    BalasHapus
  4. @al kahfi:

    ini bukan mesin pencari, tapi teknik terbaru yang digunakan oleh google dalam melakukan pengindeksan dan menampilkan halaman blog di halaman hasil pencarian berdasarkan keyword yang relevan dengan halaman blog tersebut.

    BalasHapus
  5. @Mujahidin:

    trims sudah berkunjung. :)

    BalasHapus
  6. @konde:

    iya bro. pembaca itu berkunjung ke blog kita karena alasan untuk membaca dan menemukan informasi yang ingin mereka pelajari. bukan untuk iseng2an atau untuk melihat pameran desain blog kita semata.

    BalasHapus
  7. @Asis Sugianto:

    betul. karena itu mari kita blogging dengan cara yang benar. tidak perlu melakukan banyak optimasi seo yang "kebablasan".

    yang penting blogging untuk berbagi, sini senang, sana juga senang, dan semua pun merasa ikut senang! :)

    BalasHapus
  8. informasi tentang google pandanya bermanfaat sekali..
    kunjungan blik nc gan,udh d follow,thanks ya...

    BalasHapus
  9. wah nti tak kasih makan bambu segar aja Pandanya biar dapat posisi strategis di Halaman Google wkwkwk

    BalasHapus
  10. Google panda memang patut disikapi bagi blog yang trafiknya tergantung kepada search engine. optimasi kontenpun mengalami perubahan signifikan dari cara sebelumnya seperti pada cafeine. Tapi bagi blog dengan sumber trafik sosial media semisal twitter, facebook atau lainnya, panda gak ngaruh banget. Jadi gak ada salah juga jika kita memanfaatkan social media untuk sumber trafik alternatif seperti yang dilakukan blog copas terselubung yg sama sekali tidak berpengaruh dengan update algoritma search engine googel ini...nice post and happy blogging!

    BalasHapus
  11. Tetap semangat ngeblog dan atur strategi baru.. ditunggu tipsnya ya gan..

    BalasHapus
  12. @Iskaruji dot com:

    setuju bro.
    semakin berkembangnya jejaring sosial juga banyak menguntungkan sebagian blog yang dapat mengoptimalkan manfaatnya sebagai salah satu sumber traffic.

    tapi kita juga perlu memperhatikan perkembangan algoritma ini agar blog kita tidak bermasalah dengan aturan google.

    BalasHapus
  13. Kasihan para pemain SEO, belajar lagi..belajar lagi, emang dasar "SEO itu kejam !".

    BalasHapus
  14. terimakasih atas komentarnya...

    BalasHapus
  15. waduh makin sulit aja nih kalo mau bersaing di SERP..
    mungkin mengandalkan sosial media lebih bagus

    BalasHapus
  16. mantabs sobat, perbanyak blog walking dan komentar biar lebih cepat terindexk oleh goole, gak perlu optimasi SEO yg bikin kepala puyeng,,, ahahahahhahahaha

    BalasHapus
  17. @Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia:

    tidak juga. kita hanya perlu bersikap sebagai mestinya dalam blogging. karena google panda sebetulnya mengharuskan kita untuk blogging apa adanya. posting secara normal, tidak banyak menggunakan trik kotor, dan selalu berkreasi serta berbagi.

    BalasHapus
  18. @Konten Bisnis Online Instan:

    google panda menurut saya menggiring para blogger untuk dapat berlaku bijak dalam blogging. tidak melupakan inti dari blogging dan meninggalkan upaya kotor untuk kepentingan tertentu.

    BalasHapus
  19. @Simple Share:

    trims sudah berkunjung.
    ditunggu ya kunjungan selanjutnya ke blog ini. :)

    BalasHapus
  20. @Arham Sukardi:

    itu alternatif yang bagus bro.

    BalasHapus
  21. @Asis Sugianto:

    kalau menurut saya itu juga bagian alternatif yang bagus agar cepat terindeks oleh mesin pencari. apalagi jika kita berkomentar di blog dofollow yang akan memberikan backlink untuk setiap link di komentar yang kita tinggalkan di blog tersebut.

    BalasHapus
  22. klo saya lebih ke desain blog dulu baru konten,
    setidaknya pengunjung bisa betah berlama-lama di blog kita,
    alhasil kan bisa ngaruh ke bounce rate dimana merupakan salah satu faktor yg di nilai algoritma google panda

    BalasHapus
  23. @Tips Trik Blogging:

    kebanyakan pembaca memang melihat desain blog sebagai pertimbangan pertama ketika mengunjungi sebuah blog. semakin attractive dan dinamis, maka akan semakin bagus. tapi jangan dilupakan juga faktor kecepatan loading dan kemudahan akses. karena semakin cepat loading sebuah blog juga bisa menyenangkan pembaca dalam berkunjung. blog yang simpel dan mudah dijelajahi pembaca untuk fitur2nya juga demikian.

    konten itu penting. sifatnya permanen. pembaca datang ke blog kita untuk membaca, dapat info, lalu pergi. bukan semata untuk melihat pameran flash dan aksesoris lainnya.

    intinya keduanya sama pentingnya, tidak ada yang harus dipinggirkan karena semua unsur saling melengkapi. :)

    BalasHapus
  24. serem nih kalo di tendang sama panda,, bisa2 ilang dari serp blog kita,, hehehe,, makasih infonya sob,,

    BalasHapus
  25. Jadi keaslian konten juga berpengaruh ya sob?
    Tapi kenapa ya banyak banget blog copas yang trafiknya tetap tinggi? Tinggi banget malahan.

    BalasHapus
  26. saya sangat senang dengan kemunculan google panda.
    hasil pencarian google jadi lebih baik dan bebas dari blog2 dengan konten yang tidak bermutu

    BalasHapus
  27. @Rama88:

    kita blogging saja dengan wajar tanpa melakukan banyak trik kecurangan. pasti blog kita aman bahkan justru semakin bagus peringkat SERPnya.

    BalasHapus
  28. @Algo wijaya:

    kebanyakan dari mereka trik marketingnya bagus. umumnya memanfaatkan jejaring sosial dimana mereka dapat memasarkan konten artikelnya pada ribuan fans di facebooknya atau followers di twitternya.

    BalasHapus
  29. @www.winspector-fans.com:

    betul bro, rasanya lebih adil dan tidak banyak kecurangan yang ditemukan.

    BalasHapus
  30. ane takut si panda ngamuk :D
    ane jg sangat senang semenjak kemunculannya, jadi hasil pencarian simbah google jd lebih baik

    BalasHapus
  31. jangan terlalu over gitu ya sob maksudnya terhadapa seo, belajar bijak terhadap seo.Izin menyimak sampai tuntas ya sob.Terimaksih sob atas infonya.

    BalasHapus
  32. terima kasih atas informasi google pandanya sobat...

    BalasHapus
  33. @Aldio:

    karena itu, mari kita blogging dengan baik. :)

    BalasHapus
  34. @Bisnis Online Blog:

    betul. jangan banyak berkutat terhadap seo. blogging yang wajar dan normal juga akan menjadikan blog kita menempati posisi SERP yang bagus kalau blog kita memiliki konten yang berkualitas.

    BalasHapus
  35. @Asis Sugianto:

    semoga bermanfaat ya.

    BalasHapus
  36. bagus lah...kalau googling biar akurat dgn yg kita cari kan makin puas...nice post

    BalasHapus
  37. kita juga harus mendukung upaya google ini dengan tidak melakukan kecurangan ketika blogging. :)

    BalasHapus
  38. Yok KEEP BLOGGING,SALAM SUKSES SELALU,SEMOGA INFO INI JADI PENGINGAT BUAT KITA TENTang aturan blogging

    BalasHapus
  39. @koka:

    betul. inovasi ini bisa membuat hasil SERP lebih adil dengan penilaian kualitas. :)

    BalasHapus
  40. @Darmanto:

    betul bro.
    ayo kita nikmati blogging bersama. :)

    BalasHapus
  41. for the clear answer about google panda, please visit my site

    BalasHapus
  42. btul tu, tapi baru kali ini dengar. tapi ya gk msalah apa pun yang dikeluarkan oleh mbak ya suka gak suka kita harus mengikutinya

    BalasHapus