Bagaimana Cara Melihat Popularitas Sebuah Blog ?

Blog bisa diibaratkan seperti seorang artis. Semakin populer status artis tersebut, maka ia akan dengan mudah dikenal oleh masyarakat. Begitu juga dengan sebuah blog yang kita miliki. Semakin populer status blog yang kita miliki, maka blog akan semakin dikenal oleh masyarakat. Semakin banyak orang mengenal, maka akan semakin banyak pula kunjungan yang masuk ke dalam blog kita setiap harinya.


Ketenaran dan tingginya polpularitas ini juga memiliki pengaruh yang besar terhadap karir baik artis maupun blog tersebut. Bayangkan saja, jika pada suatu momen nama sang artis itu melejit, apa yang pasti dia dapat? Baik jumlah tawaran kerja beserta bayarannya pun akan melonjak signifikan bukan?

Hal ini juga berlaku sama untuk blog kita. Ketika blog kita populer di dunia maya, pasti pengunjung akan berbondong-bondong menyinggahi blog kita. Paling tidak alasan mereka adalah penasaran seperti apa blog kita itu sebenarnya. Jika blog kita sudah populer, keuntungan finansial yang dapat kita peroleh sangat banyak. Jumlah tawaran iklan dan harganya pun pasti akan semakin naik!

Popularitas ini didasarkan pada beberapa hal, seperti pagerank, alexa traffic rank, indeks oleh search engine, hingga link yang didapat dari beberapa situs jejaring sosial.

Untuk itu, kita dapat melihat popularitas sebuah blog melalui situs penyedia layanan untuk melihat popularitas sebuah blog seperti berikut ini:

URL Metrix


Pada situs ini disediakan data mengenai blog kita berdasarkan empat klasifikasi, yaitu informasi dasar, jumlah kunjungan, jumlah indeks halaman, dan backlink terhadap blog kita.

Popuri


Situs ini juga pada dasarnya sama dengan URL Metrix dalam menampilkan informasi mengenai blog kita. Hanya saja, kita dapat menambahkan widget untuk melihat popularitas dari popuri ke dalam blog kita.

Blog level


Pada situs ini menyediakan klasifikasi popularitas yang berbeda dengan ke dua situs dia atas. Kalsifikasinya di dasarkan pada Influence, Popularity, Engagement, Trust. Penilaiannya juga didasarkan pada range skor 0-100. Semakin tinggi nilainya, maka blog kita akan semakin populer.

Meski hasil dan metode penilaian popularitas untuk tiap situs ini berbeda, tatapi dengan mengetahui tingkat popularitas blog kita masing-masing ini, setidaknya kita memiliki gambaran mengenai sejauh mana prestasi yang sudah diraih oleh blog milik kita selama ini. Sehingga, apabila hasilnya masih belum seperti harapan kita, maka kita akan lebih terpacu lagi untuk giat melakukan usaha dalam meningkatkan kualitas blog milik kita.

99 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. ini variasi lain yang dapat kita gunakan.
    lain kali jangan gunakan link hidup saat berkomentar ya. :)

    BalasHapus
  3. layak untuk dicoba...
    thanks infonya

    BalasHapus
  4. info yang menarik dan bermanfaat, makasih, ohya jawapan saya skalian dicopas, @panduan belajar blog pulsa Gak boros kawan, kalau boros pulsa saya yakin blog saya jarang update, karena pake hp itu gratisan dan koneksi lumayan leletnya, tapi bergerak pasti.

    BalasHapus
  5. menuju tkp untuk mengetahu seberapa populernya blog saya sob,, heheheh

    terima kasih atas info yg penting ini sobat....

    BalasHapus
  6. oh ada yg lain ya caranya
    makasih untuk infonya
    sudah saya follow ^ ^

    BalasHapus
  7. hmmm..teteeepp ujung2nya duit ya?

    BalasHapus
  8. Keren Mas, masukan baru lagi, ilmu lagi....tiap baca postinganmu selalu ada ilmu baru buatku, makasih banyak ya Mas.

    Salam

    BalasHapus
  9. ane coba gan, satu-satu... thanks for info! nice share! nice blog!

    BalasHapus
  10. gan! yang metrix sama popuri ndak relavan hasilnya... yang bagus yang blog level... :) udah tak coba...

    BalasHapus
  11. klo ane pakai alexa aja gan :D

    BalasHapus
  12. follower ke 178, follow back yaa...

    BalasHapus
  13. Banyak tool yang dapat kita gunakan, dan deretan tool di atas da yang baru saya tahu yaitu URL MATIRIX. Share yang memperkaya pengetahuan, eh ya ada bedanya blog sama artis, blog semakin terkenal (terkenal baik) akan banyak yang ingin masang iklan, kalau artis semakin terkena (entah baik atau buruk) semakin deras gosip menghampiri. hehehe...

    BalasHapus
  14. @DuniaPiyen:

    silakan dicoba, semoga berhasil ya. :)

    BalasHapus
  15. @®obinhut:

    trims sudah kirim jawabannya ke sini. :D
    dulu saya juga sering update lewat hp. tapi saya kemudian beralih blogging lewat komputer karena operator yang saya gunakan menerapkan tarif internet yang cukup mahal.

    BalasHapus
  16. @Asis Sugianto:

    semoga bermanfaat ya. :)

    BalasHapus
  17. @Clara Canceriana:

    trims untuk follow blog ini. :D
    ditunggu kunjungan berikutnya ya.

    BalasHapus
  18. @Obrolan Blogger.com:

    senang bisa berbagi. jangan bosen2 berkunjung ya.

    BalasHapus
  19. @Indra Saputra Ahmadi:

    silakan dicoba om. semoga berhasil.

    BalasHapus
  20. @Indra Saputra Ahmadi:

    memang, mungkin acuan penilaian dan cara menilainya yang berbeda.

    BalasHapus
  21. @Windows 7 blog:

    sudah saya follow balik. :)
    trims atas follownya.

    BalasHapus
  22. @keyword terkenal:

    hehehe, analoginya boleh juga. :p
    mari kita berusaha untuk menciptakan sebuah blog yang berkualitas tanpa memikirkan uang terlebih dahulu.

    BalasHapus
  23. Artikel yang menarik. Menurut saya, cara mengecek popularitas blog sama dengan cara mengecek popularitas website. Tapi, tools di atas tidak ada salahnya untuk dicoba.

    BalasHapus
  24. Gag sia sia saya follow blog ini,semua info nya dapat menambah wawasan bloger newbie seperti saya,makasi om..tak coba dulu

    BalasHapus
  25. Informasi yang berguna. Saya sendiri di Firefox menggunakan add on WEBRANK Toolbar dan setiap saya buka suatu situs/halaman web popularity ranks dari situs/halaman web itu langsung kelihatan.

    I follow u back, brada.

    BalasHapus
  26. OK.. thanks infonya sob.
    Seperti janjiku.. aku jg sdh follow blog ini..
    Thanks untuk kunjungannya.. :)

    BalasHapus
  27. coba dulu ahhhh,, belom pernah cek,, hhehhe,, makasih infonya sobat,,

    BalasHapus
  28. Kalau mau meng'edit lebar header gimana ya? Terima kasih jika berkenan membawa URL dengan BW...hehehe..

    BalasHapus
  29. yuk..di cek ^ ^ thanks FYI

    BalasHapus
  30. wah mantab mas, tkp dulu. Tapi saya ragu dengan blog saya, pasti popularitynya sangat rendah. :)

    BalasHapus
  31. mantabs.. saya sudah mencobanya sobat, dan hasilnya cukup memuaskan, blog saya ternyata cukup populer...

    BalasHapus
  32. mantabb dah infonya... thanks mas broo..

    BalasHapus
  33. Wah.. blog ini isinya keren gila cyiiiint.. follow aaahh...
    Nice Information mameen..

    BalasHapus
  34. manteb nie mas,, mkasih mas

    BalasHapus
  35. Nampak-nampaknya, aku gak populer-populer dari dulu... soalnya gak ikutan reg di situs situs tersebut, yang penting.. Blogging terussss hepi :D

    BalasHapus
  36. Menarik gan infonya.. gara-gara sering ganti link, Trafik situs ane menurun...hahaha buat pelajaran aja.

    BalasHapus
  37. kadang saya suka ga memperhatikan popularitas blog sendiri. hehe.. maklum..
    postingan yg bermanfaat, nanti mau coba2 di cek ah :)

    BalasHapus
  38. info yang sangat berguna sob, terimakasih banyak. tadi sudah saya cek, popularitas blog saya masih sangat kecil. wkwkwkwk

    BalasHapus
  39. wah, beda-beda ya mas hasil analisanya, rank back link dll. mana yang akurat ya?? makasih banyak mas, dah ak coba. hehe

    BalasHapus
  40. @Konten Bisnis Online Instan:

    pada dasarnya indikator popularitas untuk blog dan website itu sama saja bro. seperti alexa traffic rank, pagerank, hingga jumlah indeks untuk blog/website kita oleh search engine.

    BalasHapus
  41. @Jocky:

    saya juga trims atas kunjungan rutinnya. dengan banyak berkunjung saya jadi lebih bersemangat dalam berbagi apa yang saya tahu. semoga semuanya bermanfaat ya.

    BalasHapus
  42. @kombor:

    kalau di mozilla firefox saya pakai banyak add ons om.
    misalnya quirk searchstatus dan seoquake. trims sudah follow balik ya. saya tunggu kunjungan berikutnya. :)

    BalasHapus
  43. @Lina Marliana:

    trims mbak atas follow baliknya. :)
    saya tunggu komentar untuk postinga selanjutnya ya.
    salam kenal.

    BalasHapus
  44. @Cucu Hermawan:

    semoga bermanfaat dan sukses selalu.

    BalasHapus
  45. @Rama88:

    silakan dicoba bro. semoga sukses dan bermanfaat ya.

    BalasHapus
  46. @kinanthi:

    cari kode ini dalam edit HTML template blog.

    #header-wrapper {

    setelah itu ubah angka pada tinggi (height) dan lebarnya (width). tapi ingat, perubahan pada lebar header juga harus ada perubahan pada #outer-wrapper {, karena keduanya wajib memiliki lebar(width) yang sama.

    BalasHapus
  47. @DAW-XP:

    tidak usah minder bro, kita semua di sini juga sama hasilnya karena masih dalam tahap belajar.
    keep blogging! :)

    BalasHapus
  48. @Asis Sugianto:

    wah selamat ya! :D
    alexa traffic ranknya tinggi juga, 778,220.

    BalasHapus
  49. @yAhyA:

    trims sudah berkunjung bro. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  50. @Radith ini bukan Raditya Dika:

    trims atas follow dan kunjungannya. tunggu ya, akan segera saya kunjungi dan follow balik. :)

    semoga bermanfaat informasinya.

    BalasHapus
  51. @khusaini:

    trims juga sudah menyimak bacaannya. :)

    BalasHapus
  52. @Inuel:

    saya suka semangatnya nih. yang penting blogging! suka duka kita nikmati bersama. :)

    BalasHapus
  53. @Fazri:

    konsisten ya bro untuk alamat blog kita. jangan berubah2 terus, itu juga sebagai branding bagi kita nantinya. :)

    BalasHapus
  54. @Irma Devi Santika:

    silakan dicoba. hasil popularitas blog kita ini juga dapat kita jadikan sebagai kepuasan pribadi.

    BalasHapus
  55. @ZONA DOWNLOAD GRATIS:

    keep blogging bro. jangan menyerah karena hasil sementara. perjalanan kita masih panjang!

    BalasHapus
  56. @Sejuta Trik Blogger:

    kalau menurut saya, lebih baik kita langsung untuk menuju pada situs sumbernya untuk mendapatkan hasil yang akurat.
    misal, untuk mengetahu alexa traffic rank, kunjungi saja alexa[dot]com.

    kalau untuk hasil lain seperti jumlah indeks oleh search engine juga bisa kita cek langsung pada masing-masing search engine yang bersangkutan.

    BalasHapus
  57. @Zh!nTho:

    trims atas kunjungannya. :)

    BalasHapus
  58. terima kasih informasinya. saia biasanya cuman cek lewat alexa aja

    BalasHapus
  59. Blogku harus dikasih juga nih....

    btw, salam kenal.
    Follow my blog, yuk! I will follow yours too...
    http://riuisme.blogspot.com/
    Terima kasih

    BalasHapus
  60. @info dan tips komputer:

    semoga bermanfaat ya. salam kenal.

    BalasHapus
  61. @Arif Zunaidi Riu_aj:

    sudah saya follow om. ditunggu follow baliknya. :)

    BalasHapus
  62. Waaaah ini yang saya perlukan.
    Makasih banget mas.

    *salim*

    BalasHapus
  63. alexa rankku masih 8jtan.. wkwkwk

    BalasHapus
  64. @namarappuccino:

    semoga bisa membantu.
    salim kenalan juga. dintunggu ya untuk kunjungan berikutnya.

    BalasHapus
  65. @Yan Muhtadi Arba:

    sering2 blogwalking bro agar blog kita juga banyak dikunjungi orang.

    BalasHapus
  66. @company profile:

    trims ya sudah berkunjung.
    salam kenal. :)

    BalasHapus
  67. panduan belajar blog :

    maaf komentar saya sebelumnya saya hapus mengingat aturan di blog ini yang tidak memperbolehkan link hidup pada kotak komentar. :)

    oh iya, selamat ya pagerank nya naik. semoga tambah semangat ngeblog dan berbagi tips2 blog yang menarik dan berguna :D


    Salam,
    Kevin
    Blog : www.nostalgia-90an.com
    Nostalgia Segala Sesuatu pada Tahun 90an

    BalasHapus
  68. iya bro, trims atas pengertiannya. saya juga senang kalau aturan mainnya diperhatikan dan dijalani dengan baik.
    trims juga ya atas ucapan selamatnya. saya sendiri malah belum tahu kalau ada kenaikan pagerank.
    salam blogger!
    semoga blogging kita semakin menyenangkan dan bermanfaat.

    BalasHapus
  69. mas yang buat blog level itu kita harus ngunjungi alamat mana? apa urlnya

    BalasHapus
  70. klik saja tulisan blog level, karena pada judul ketiga situs di atas sudah saya masukan link URLnya semua. :)

    BalasHapus
  71. wah nice tips sob , hehe
    oh iya sudah tak follow balik ya gan ;)
    thanks ^^

    BalasHapus
  72. trims atas follow baliknya ya.
    jangan lupa berkunjung terus. :)

    BalasHapus
  73. Blog saya terkenal gak? :D

    BalasHapus
  74. kalau kualifikasi dalam popularitas itu tinggi, bisa jadi blognya terkenal. :)

    BalasHapus
  75. mantap . .
    Makasih ya infonya.

    BalasHapus
  76. trims sudah berkunjung. semoga bermanfaat ya.

    BalasHapus
  77. Makasih ,,walaupun biasanya menggunakan Popuri ternyata masih banyak lagi nih

    BalasHapus
  78. Informasi yang sangat bermanfaat.. Terima kasih, atas informasinya.. Salam kenal.

    BalasHapus
  79. @Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia:

    semoga bermanfaat bro. :)

    BalasHapus
  80. @Pasir Gadog:

    salam kenal kembali bro. :)

    BalasHapus
  81. mantap sob...

    langsung sy coba...

    BalasHapus
  82. mantabbb gann.........
    ane mash newbie di blog gan........
    semoga bermanfaat ilmunya..........

    BalasHapus
  83. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  84. berbagi itu lebih baik . alhamdulillah bertemu web ini .
    trimakasih
    bravo untuk anda yang mengelola site ini .
    sukses yah semoga bisa menjadi inspirasi untuk yg lain..

    BalasHapus
  85. Selama ini sy cek blog via Chkme atau Cutestat aja sih. Ngomong2 terimakasih buat referensinya mas... Membantu sekali

    BalasHapus
  86. Apakah sudah pernah ada pengujian mengenai akurasi data web yang popular tersebut?

    BalasHapus
  87. Bagus juga onfonya gan... thanks

    BalasHapus
  88. Terimakasih udah share, saya akan coba menggunakan untuk check ketenaran web saya

    BalasHapus
  89. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    Silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus