Blog DoFollow dan Blog NoFollow, Pilih Mana ?

Secara ringkas, Blog DoFollow bisa dijelaskan sebagai blog yang akan memberikan back link secara otomatis terhadap link dari setiap komentar pada masing-masing postingan blog tersebut. Sedangkan Blog NoFollow adalah blog yang tidak akan memberikan back link secara otomatis terhadap link yang ada pada setiap komentar pada masing-masing postingan blog tersebut.


Blog DoFollow dan Blog NoFollow memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Perbedaan tersebut terletak pada kemampuan masing-masing blog untuk memberikan back link secara otomatis kepada setiap link yang masuk dalam blog tersebut terutama lewat komentar. Sehingga, masing-masing penggunaan pun akan membawa dampak yang berbeda-beda terhadap kinerja blog seperti yang sebelumnya sudah dibahas pada artikel Blog DoFollow vs Blog NoFollow.

Bagaimana Fenomena Perkembangan Blog DoFollow dan Blog NoFollow saat ini?

Secara umum, kebanyakan blogger masih menyetel blognya dengan setelan Blog NoFollow. Alasannya adalah karena pada setelan default blog merupakan setelan Blog NoFollow. Selain itu, kebanyakan blogger juga belum mengetahui secara pasti apa itu sebenarnya perbandingan dan untung rugi dalam pengguanaan di antara keduanya.

Meski demikian, sekarang blogger sudah banyak yang mulai beranjak pada penggunaan Blog DoFollow. Umumnya mereka Merubah Blog NoFollow jadi Blog DoFollow karena alasan ingin mendapatkan komentar dalam jumlah yang banyak secara instan.selain itu, pengunjung juga akan terpacu untuk bermai-ramai mendatangi Blog DoFollow guna mendapatkan back link secara gratis sehingga akan meningkatkan traffic Blog DoFollow tersebut secara cepat.  Apakah alasan ini disalahkan? Tentu tidak, karena menggunakan blog jenis apapun itu hak dari masing-masing blogger.

Sebenarnya kita dapat melihat perbedaan Blog DoFollow dan Blog NoFollow dengan mudah, baik itu Melihat Blog DoFollow dan NoFollow dengan page source maupun Melihat Blog DoFollo dan Blog NoFollow dengan Add On Mozilla Firefox.

Kemunculan Blog DoFollow dan Blog NoFollow memang telah membawa fenomena tersendiri dalam dunia blogging. Kontroversi Munculnya Blog DoFollow telah banyak pro dan kontra di dalamnya. Meski demikian, apapun jenis blog kita jangan sampai merusak niat blogging kita untuk berekspresi dan berbagi kepada sesama. Betul kan?

So, jenis blog seperti apa yang kawan-kawan gunakan saat ini? Yuk kita survei!
Lalu apa alasannya menggunakan blog jenis tersebut?
Share jawabannya pada kotak komentar di bawah ini ya.
Salam blogger!

11 komentar:

  1. punyaku masih nofollow sob, rencananya mau aku rubah jd dofollow.. Kira2 efek terhadap hasil SE pencarian ada gak?

    BalasHapus
  2. @teknokers : emank secara garis besar google gag suka dofollow sob cuman ada yang bilang lain, punyaku uda Do Follow n emank sih banyak komentar yang gag "NIAT"..yah mau gimana lagi, klo masih no follow sepi pengunjung

    @admin : artikel bagus sob, bisa buat perbandingan atas semua jawaban temen" blogger mana enaknya yang do follow apa no follow..keep posting ^^

    BalasHapus
  3. @teknokers :

    tentu ada, nilai pagerank jadi drop dan akan sulit bersaing dengan blog lain di halaman hasil pencarian search engine.

    BalasHapus
  4. @horier :

    trims, semoga bisa membuat kita lebih teliti lagi sebelum merubah blog menjadi jenis dofollow atau nofollow.

    BalasHapus
  5. Blog dofollow atau nofollow, semuanya ada sisi plus minusnya. Tapi bagi blogger yg mau tingkatkan PR blognya sebaiknya ubah dulu blognya menjadi dofollow.

    BalasHapus
  6. kebalik, justru blog dofollow akan berpotensi untuk mendapatkan pagerank yang rendah.

    BalasHapus
  7. bagaimana cara untuk menjadi nomor satu di google

    BalasHapus
  8. gunakan teknik seo (search engine optimation) dengan baik. pelajari caranya di bagian jenis panduan>seo.

    BalasHapus
  9. aku pilih dofollow untuk client alias pengunjung, supaya ada upah dari kunjungan, apa itu....??? ya tentunya BackLink

    BalasHapus
  10. tergantung kebutuhan kita dalam blogging.
    kalau ingin mendapatkan kunjungan dan komentar yang banyak, gunakan saja blog dofollow. kalau ingin mendapatkan pengunjung setia walau jumlahnya sedikit, gunakan saja blog nofollow.

    BalasHapus
  11. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    Silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus