Kontroversi Munculnya Blog DoFollow

Blog DoFollow merupakan sebuah blog yang akan memberikan backlink secara otomatis kepada setiap link yang tercantum pada komentar di setiap halaman posting mereka. Biasanya link ini “terbungkus” dalam nama blog komentator.


Blog DoFollow pada dasarnya berbeda dengan Blog NoFollow, karena Blog DoFollow dengan cara kerjanya yang memberikan backlink kepada setiap link yang masuk ini akan membuat setiap komentator akan mendapatkan link yang mengarah kepada setiap blog mereka secara gratis dan otomatis yang akan membantu meningkatkan kualitas pagerank blog mereka.

Lalu, apa yang sebenarnya menjadikan Kontroversi dalam Blog DoFollow ini?

Salah dalam tujuan blogging.

Tujuan kita blogging pada dasarnya adalah untuk berekspresi dengan menciptakan karya-karya baik tulisan, gambar, maupun video yang kemudian kita publikasikan kepada orang lain melalui media blog. betul kan?

Nah, sekarang bandingkan jika kita sudah salah tujuan blogging di mana kita hanya ingin tampil eksis dengan mendapatkan banyak kunjungan serta yang paling dicari adalah banyak komentar di setiap postingan. Apakah ini sudah sesuai dengan tujuan blogging yang sesungguhnya?

Percaya lah, tujuan blogging itu tidak sesempit itu. Kita dapat mengeksprolarasi lebih banyak lagi kenikmatan yang bisa kita peroleh dari blogging yang tidak hanya bersumber dari banyaknya komentar di setiap blog kita.

Kebanyakan komentar yang masuk adalah komentar berkualitas buruk.

Sudah bisa diperkirakan jika setiap komentar yang masuk adalah komentar yang hanya bersifat asal-asalan saja. Mengapa? Yup, karena mereka yang berkomentar di blog kita tersebut tidak berkomentar karena mereka memang ingin berkomentar, tetapi karena mereka ingin mencari backlink guna meningkatkan pagerank blog mereka saja. So, sudah bisa dibayangkan bukan bagaimana jadinya Blog DoFollow kita tersebut?

Berpotensi di banned Google.

Kita tahu bahwa Blog DoFollow terlalu banyak memberikan link keluar yang menuju pada blog lain. Sementara Blog DoFollow jarang atau tidak pernah (tergantung bagaimana upaya pemilik blog) mendapatkan link masuk dari blog lain. Nah, dengan adanya ketimpangan yang seperti ini akan sangat berpotensi bagi Blog DoFollow untuk mendapatkan banned dari Google. Untuk mengetahui lebih jelas lagi silakan baca artikel penyebab blog dibanned oleh Google.

Mengikis motivasi untuk berkarya.

Kebanyakan motivasi dari pemilik Blog DoFollow hanya untuk mendapatkan keramaian dari pengunjung berupa banyaknya jejak komentar yang ditinggalkan pada blog mereka. Jika kita sebagai pengunjung dan melihat jika blog yang sedang kita kunjungi adalah Blog DoFollow, lalu apa yang akan kita lakukan? Pasti! Pasti kita akan menuliskan komentar di blog tersebut untuk mendapatkan backlink gratis! Iya kan?

Entah komentar kita tersebut jelek, relevan dengan topik postingan atau tidak, asal-asalan atau tidak, yang penting kita sudah berkomentar! Kurang lebihnya motivasi seperti itu bukan? Nah, hal ini juga berdampak pada pemilik blog itu sendiri. Sadar bahwa pengunjung hanya akan berkomentar untuk mendapatkan backlink saja, maka kita sebagai pemilik pun akan mengabaikan kualitas postingan yang kita publikasikan. Apakah itu bermanfaat atau tidak, apakah itu benar atau tidak, bahkan apakah postingan itu berkualitas atau tidak, kita tidak pernah memikirkannya. Yang selalu kita pikirkan adalah bagaimana Blog DoFollow kita tersebut laku dengan mendapatkan banyak komentar dari pengunjung.

Ini akan sangat berbahaya jika diteruskan. Hal ini akan memberikan contoh buruk kepada setiap blogger pemula jika kita berkomentar bisa cukup dengan asal-asalan. Kita sebagai pemilik blog pun juga hanya berkarya mempublikasikan konten yang asal-asalan, bahkan hasil CoPas pun jadi.

Itu semua hanya analisis secara umum atas kemunculan Blog DoFollow dan bukan berarti setiap Blog DoFollow itu tidak bagus. Baik Blog DoFollow maupun Blog NoFollow sama-sama memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Semua tergantu seperti apa kebutuhan pemilik blog dan bagaimana pemilik blog tersebut mengelola blog miliknya. Yang jelas, terlepas dari apakah blog kita itu Blog DoFollow atau Blog NoFollow, tujuan utama dari kita menjalani aktifitas blogging adalah untuk berekpresi menyalurkan setiap gagasan, pemikiran, ide, inovasi dalam bentuk karya yang kemudian kita publikasikan untuk kita bagi-bagikan kepada orang lain agar memiliki manfaat yang baik. Begitu bukan?

Ada yang ingin berpendapat kawan?
Silakan bagi yang ingin menanggapi, dituliskan saja komentarnya di kotak komentar di bawah ini.
Salam blogger!

14 komentar:

  1. waduh aku jadi binggung mas baiknya gimana ya,blogku do follow atau no follow aja masih ragu,apa yang harus kita lakukan bila blog kita do follow?.sory ngikutin terus.

    BalasHapus
  2. itulah bingungnya menjadi blog dengan komentar dofollow, harus mengetahui kerugiannya.

    banyak blogger sekarang mengukur kepopuleran suatu blog dari jumlah komentar, tidak melihat dari jumlah pengunjung dan pegeview.

    BalasHapus
  3. @theone:

    terserah dgn tujuan blogging kita sebenarnya apa bro. tidak ada paksaan untuk memilih blog jenis apa. kalau kita memang suka blog kita ramai dgn cara instan, ya pakai blog dofollow saja. yg penting kita "enjoy" dgn aktifitas blogging kita. karena tujuan utama blogging itu untuk mengekspresikan diri bukan?
    akan tetapi, saranku adalah menggunakan blog nofollow. mengapa? karena lebih aman dan kita tidak terkesan berlebihan dalam mengharapkan sebuah komentar. dikomentari syukur, gak juga gpp. yg penting kita sudah berbagi hal yg bermanfaat untuk orang lain, dan kita bisa merasakan kepuasan dari hal itu. sip? :)

    BalasHapus
  4. @regiadi:

    bener bro. kecenderungannya sekarang memang banyak blogger yg menilai keberhasilan sebuah blog hanya melalui jumlah komentarnya saja. padahal sebenarnya masih ada banyak item lain yg menjadi indikator keberhasilan sebuah blog yg juga jauh lebih penting. misal, pagerank, alexa traffic rank, jumlah penghasilan dari blog, kredibilitas di mata blogger lain, dsb.

    so, mari kita ngeblog dengan cara yang sewajarnya. tidak perlu menggebu2, yg penting kita enjoy menikmati setiap penggal aktifitasnya sembari membagikan pengetahuan yg semoga bermanfaat bagi blogger lain. :)

    BalasHapus
  5. ok, keep blogging together bro. :)

    BalasHapus
  6. Salam.
    iya sih, saya juga lagi berburu blog dofollow, untuk membangun backlink blog aku, dan memang sebagian besar para pemburu backlink gratis, hanya memberi komentar asal-asalan pada blog dofollow, mestinya kan memberi komentar yang berkualitas, karena sang pemilik blog telah senang hati memberi backlink gratis, saya kira masing2 punya kelebihan , dengan nofollownya sebuah blog, sebagian pengunjung mungkin menganggap sang punya blog agak pelit memberi backlink, sehingga pengunjung agak malas melihat/mengunjungi sebuah blog nofollow, tapi relatif lebih aman dari para spammer dan bannned dari google, beda halnya dengan blog dofollow pengunjung akan mengalir dan traffic meningkat dan itu bisa disiasati dengan memperlakukan moderasi komentar, sehingga bisa menyaring komen2 asal-asalan/asal bunyi, yang hanya untuk mencari backlink..
    Salam.

    BalasHapus
  7. setiap jenis blog, dofollow dan nofollow, memang memiliki keuntungan dan kerugian masing2. tapi, saya pribadi lebih memiliki menggunakan blog nofollow karena sebenarnya jenis blog yang demikianlah yang menjadi default setting dari blogspot.

    BalasHapus
  8. Saya setuju dengan anda . Tapi saya sedikit malas dengan blog yang nofollow kecuali ada motif lain

    BalasHapus
  9. tergantung penggunaan dan kebutuhan blogging kita. :)

    BalasHapus
  10. Yang penting sebenarnya menikmati aktivitas blogging itu sendiri. Tidak muluk-muluk ngurusin dofollow atau nofollow nya. Nanti karena kebanyakan ngurusin itu, content dan kualitas blog secara objektif jadi tidak lagi dirasa penting.

    BalasHapus
  11. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    Silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus
  12. [URL=http://intanqq.poker][IMG]https://imgur.com/IwUp6uB.jpg[/IMG][/URL]

    Selamat Datang Di IntanQQ

    IntanQQ Merupakan Situs Judi Bandar Poker Dan Bandar Sakong Terpercaya Di Indonesia

    IntanQQ Menyediakan 7 GAME Dalam 1 Web dan Hanya Dengan 1 ID,

    Game yang di Sediakan Oleh IntanQQ :
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Kelebihan Bermain Di IntanQQ :
    - BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
    - BONUS XTRATURNOVER SETIAP MINGGUNYA
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses Cepat 1 Menit
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone

    Info Lebih Lanjut Bisa Hubungi kami Di :

    BBM : 2AD20246
    Facebook : https://www.facebook.com/profile.php?id=100015210468567
    Phone : +855968675507
    WeChat : intan_qq
    LiveChat : www.intanqq.poker

    Link Daftar http://intanqq.poker/Register.aspx?lang=id

    BalasHapus
  13. Selamat datang di PunyaPoker.com

    Ayo bergabung bersama kami, tersedia 7 permainan dalam 1 User ID:
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Apa kelebihan bermain di PunyaPoker.com? Berikut kelebihannya:
    - BONUS TURNOVER 0.5% SETIAP HARI SENIN
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 10.000 dan Proses super cepat 1 menit.
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
    - Win rate 98%
    - No robot
    - Fair play 100% player vs player

    Tunggu apalagi? Ayo segera bergabung sebelum ketinggalan promonya :)

    BalasHapus