8 Tips Memaksimalisasi Guest Book

Guest book atau buku tamu merupakan salah satu dari banyak penak-pernik blog yang harus kita miliki mengingat manfaat yang bisa kita dapatkan. Dengan guest book akan membuat blog kita terlihat lebih friendly dengan para pengunjung. Guest book juga menjadi salah satu media untuk menampung segala apresiasi yang diberikan oleh pengunjung kepada blog kita.

 

Bagaimana kita bisa mendaptkan guest book lalu memasangnya di blog kita? Mudah!
Baca saja di artikel sebelumnya yang membahas tentang bagaimana cara memasang guest book via Shoutmix, memasang guest book via Cbox, dan memasang guest book via ShoutCamp.

Setelah kita mendaptkan guest book dan telah memasangnya di blog kita, ada beberapa tips yang dapat kita jalankan untuk mendaptkan hasil yang optimal dari guest book yang kita miliki. Apa saja tipsnya?

Berikut ini merupakan 8 Tips Memaksimalisasi Guest Book pada blog kita.

1. Pilih tema guest book yang sesuai dengan template blog kita.

Untuk menjamin keserasian, gunakan tema guest book yang memiliki warna, model, dan tampilan yang mendukung dari template blog yang kita gunakan. Atur lah keserasian agar guest book terkesan sebagai bagian dari unsur blog kita dan bukan menjadi komponen blog yang terpisah. Dengan pengaturan keserasian yang baik juga akan membuat guest book lebih menarik perhatian banyak pengunjung untuk untuk melihat dan berkomentar.

2. Tempatkan guest book pada tempat yang mudah diakses.

Guest book yang terletak di tempat yang mudah dilihat, mudah dijangkau oleh pengunjung akan membuat guest book tersebut menjadi lebih ramai dan optimal digunakan daripada guest book yang diletakan ditempat yang kurang strategis. Contoh tempat yang mudah untuk dijangkau pengunjung blog kita untuk meninggalkan komentar adalah di sidebar sebelah atas dan tengah. Jika penempatan guest book ini ternyata memakan tempat, kita dapat menyiasatinya dengan membuat hidden guest book. Selain hemat tempat, pemilihan hidden guest book juga akan membuat guest book blog kita terkesan lebih profesional.

3. Sesuaikan ukuran guest book.

Bagian selanjutnya adalah menentukan berapa sih ukuran tinggi dan lebar dari form guest book yang pas untuk blog kita? Sebisa mungkin atur lah tinggi dan lebar guest book ini sebaik mungkin. Karena hal ini akan mempengaruhi niat pengunjung untuk meninggalkan jejak komentar di guest book kita. Pengunjung akan lebih suka dengan tampilan guest book yang pas dan tidak terlalu besar serta tidak terlalu kecil.

Perhatikan kode HTML height untuk merubah ukuran panjang dan kode HTML width untuk merubah ukuran lebar pada kode HTML yang diberikan situs penyedia guest book guna menampilkan guest book di blog kita.

4. Perhatikan jenis dan ukuran tulisan.

Sesuaikan antara jenis tulisan yang kita gunakan dalam postingan blog dengan jenis tulisan dalam guest book. Menyesuaikan jenis tulisan ini menjadi hal yang penting untuk menunjukan adanya keserasian dalam tampilan sebuah blog. sehingga, dengan adanya tampilan yang klop ini akan membuat perhatian pengunjung ke dalam guest book menjadi lebih besar karena sekarang guest book menjadi lebih nyaman dan enak untuk dilihat.

Perhatikan juga ukuran tulisan yang kita tampilkan dalam guest book dengan ukuran form guest booknya. Jika form guest book ditampilkan dengan ukuran tinggi dan lebar yang besar, maka ini harus diimbangi dengan membesarkan ukuran tulisan dalam guest book kita. Tampilan guest book yang serasi akan lebih menggoda pengunjung untuk selalu aktif berkomentar di guest book blog kita.

5. Berikan emoticon tambahan.

Agar guest book terasa lebih ekspresif, berikan emoticon tambahan ke dalam guest book kita. Cara untuk menambahkan emoticon dalam guest book ini dapat kita lohat kembali pada artikel tentang menambah emoticon pada Shoutmix serta menambah emoticon pada Cbox.

Sifat dasar manusia adalah mereka senang dengan hal-hal yang bersifat visual gambar daripada tulisan verbal. Pernah mendengar ungkapan satu gambar sudah mewakili 1000 kata bukan? Nah, begitu pentingnya gambar atau emoticon ini dalam guest book membuat kita harus banyak berkreasi dalam menampilkan emoticon apa saja yang sekiranya layak untuk ditampilkan.

6. Balas setiap komentar yang ditulis pengunjung.

Untuk memberikan kesan komunikatif dengan pengunjung, balas lah setiap komentar yang diberikan. Kadang kala pengunjung juga bukan hanya asal tulis dalam guest book kita, tetapi juga mereka ingin mendapatkan respon dari kita selaku pemilik blog apakah itu berupa pertanyaan, permintaan, hingga kritik, dan saran. Berikan juga jawaban yang baik, benar, jelas, dan dapat dimengerti oleh pengunjung agar komunikasi berjalan efektif. Jangan bersikap sombong dan acuh! Karena bagaimana pun juga setiap pengunjung adalah kawan kita yang perlu kita hargai setiap perannya.

7. Ajak pengunjung untuk berkomentar di guest book.

Dengan memberikan ajakan untuk berkomentar, pengunjung akan merasa lebih enjoy dengan adanya sambutan secara tersirat tersebut. Berikan awalan berupa ajakan jika kita membutuhkan partisipasi aktif dari pengunjung untuk tidak sekedar meramaikan guest book, tetapi juga menjadikan guest book sebagai sarana untuk saling berkomunikasi bertukar pendapat, saling memberi masukan, hingga ajakan untuk saling bekerja sama.

8. Upayakan komunikasi yang efektif.

Mengupayakan komunikasi yang efektif adalah bagaimana kita selaku pemilik blog bisa menjadikan pengunjung blog kita sebagai narasumber untuk memberikan masukan atau apresiasi mengenai blog kita. Sehingga, dengan hal yang seperti itu diharapkan akan membuat kita menjadi semakin tahu bagaimana sih sebenarnya blog kita di mata mereka?

Untuk membangun komunikasi yang efektif melalui guest book ini kita dapat menggunakan kalimat yang persuasif agar pengunjung tertarik untuk berkomentar. Jangan gunakan kata-kata yang jorok. Jaga selalu kesopanan dan etika di mana pun kita berada.

Dengan adanya maksimalisasi tersebut akan membuat guest book yang telah kita pasang memberikan kinerja yang maksimal terkait dengan apa tujuan kita saat memasang guest book di dalam blog. karena guest book bukan hanya aksesoris yang digunakan sebagai penghias semata, melainkan sebuah aksesoris atau pernak-pernik yang sangat bermanfaat sebagai media yang menghubungkan kita sebagai pemilik blog dan pengunjung untuk menjalin komunikasi yang efektif.

Ada tanggapan?
Kalau ada yang ingin menambahkan seputar tips memaksimalisasi guest book ini silakan di tuliskan lewat kotak komentar di bawah ini ya kawan.
Jangan malu dan ragu untuk berbagi. Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi sesamanya.
Salam blogger!

4 komentar:

  1. kalow gak pake pada mau komen gak ya

    BalasHapus
  2. mau tanya dong, kalo mau pasang buku tamu persis seperti yang ada di http://panduan-belajar-blog.blogspot.com/ gimana caranya ya?? makasih :)

    BalasHapus
  3. caranya dengan menggunakan hidden guest book. baca artikelnya di sini ya?

    http://panduan-belajar-blog.blogspot.com/2011/03/membuat-hidden-guest-book.html

    BalasHapus
  4. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    Silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus