7 Tips Meningkatkan Jumlah Komentar Di Blog

Ada kalanya komentar dianggap sebagai sebuah hal yang biasa di blog kita. Akan tetapi, ada kalanya ada juga kawan blogger kita yang lain menganggap jika komentar blog adalah segalanya. Yup, mereka bisa dibilang blogger yang terobsesi mendapatkan banyak komentar di setiap postingan blog!


Dengan komentar blog yang bagus dari segi kualitas dan kuantitas, blog kita akan lebih terkesan rame dan terpandang di mata pengunjung. Komentar juga menunjukan adanya interaksi yang bagus antara pemilik blog dengan pengunjungnya.

Lalu, bagaimana peran komentar menurut kawan-kawan semua?
Pentingkah? Atau biasa saja?

Terlepas dari semua itu, ada beberapa hal yang bisa kita terapkan guna mendapatkan jumlah komentar yang banyak dalam blog kita. Apa saja sih?

Berikut ini merupakan 7 Tips Meningkatkan Jumlah Komentar Dalam Blog kita, antara lain :

1. Buat artikel yang berkualitas.

Dengan kita membuat sebuah artikel yang berkualitas, maka hal ini akan dengan sendirinya mendorong para pembaca ikut berkomentar menanggapi artikel tersebut. Upayakan jika artikel yang kita buat tersebut adalah artikel yang unik dan menarik. Unik karena hanya sedikit yang mempublikasikan atau bahkan hanya kita saja yang baru mempublikasikannya, serta menarik karena artikel tersebut membahas sebuah hal yang simpel, kompleks, atau faktual sehingga menarik untuk dicermati.

2. Ajak pembaca untuk ikut berkomentar.

Saat kita menuliskan sebuah postingan blog, ada baiknya jika dalam sela-sela postingan tersebut kita sematkan sebuah kalimat persuasif yang mengajak pembaca untuk dapat ikut berpartisipasi berkomentar menyumbangkan apresiasinya. Dengan adanya hal tersebut, pembaca akan lebih tahu jika kita sebagai pemilik mengharapkan adanya interaksi lebih lanjut dengan pembaca. So, dengan demikian bisa diterjemahkan oleh pembaca sebagai sebuah pembukaan atau sambutan di mana pembaca diperkenankan untuk ikut berkomentar dan mereka pun akan lebih rileks dan tidak canggung lagi dalam berkomentar.

3. Berkomantar di blog lain.

Berkomentar di blog lain untuk mendapatkan komentar balasan adalah cara yang paling efektif. Akan tetapi, cara ini tidak bisa terus diterapkan dalam jangka panjang. Mengapa? Iya, apakah kita selamanya akan terus menghabiskan waktu untuk berkunjung dan memberikan komentar di setiap blog yang ada? Tentu tidak bukan? Nah, untuk itu cara ini hanya kita gunakan dalam jangka pendek saja dan lebih bersifat pada kunjungan pertemanan semata.

4. Balas setiap komentar yang diberikan pembaca.

Apakah dengan kita membalas setiap komentar yang masuk dari para pembaca blog kita ini akan meningkatkan jumlah komentar yang masuk ke dalam blog kita? Temukan jawabannya dengan membaca artikel 5 Alasan Menjawab Setiap Komentar Di Blog terlebih dahulu.

5. Berikan hadiah.

Kita dapat memancing para pembaca agar lebih berminat untuk berkomentar dengn cara memberikan hadiah yang menarik kepada mereka. Misalnya adalah kita memberikan hadiah ebook gratis kepada komentar yang isinya paling unik dan menarik menurut kita. Dengan pemberian hadiah ini pembaca yang berkomentar dapat lebih terpacu untuk berlomba-lomba memberikan komentar terbaik yang dapat mereka berikan. Cukup bermanfaat dan saling menguntungkan bukan?

6. Permudah akses untuk berkomentar.

Faktor penting dalam menunjang keberhasilan mendapatkan jumlah komentar yang banyak dalam blog kita adalah bagaimana pembaca mendapatkan kemudahan untuk berkomentar. Logikanya adalah semakin mudah orang untuk bisa berkomentar, maka akan semakin besar pula peluang bagi kita untuk bisa mendapatkan komentar darinya. Begitu juga sebaliknya. So, perhatikan unsur-unsur yang bisa menghambat pembaca untuk berkomentar, seperti apakah kotak komentar sudah menampilkan pilihan profil komentator dengan baik, verifikasi kata diperlukan atau tidak, halaman saat menampilkan kotak komentar (ketika hendak memasukan verifikasi kata) terpotong atau broken apa tidak, dsb.

Khusus untuk verifikasi kata, meski dengan memasukannya itu memberikan sedikit hambatan kepada pembaca untuk bisa berkomentar, tetapi sarannya adalah kita sebagai pemilik blog sebaiknya tetap menampilkan verifikasi kata bagi siapa saja yang hendak berkomentar untuk mencegah SPAM. Pada menu pengaturan siapa saja yang bisa berkomentar, pilih siapapu-termasuk pengguna anonim. Untuk lebih jelasnya, silakan baca pembahasannya di artikel fitur komentar pada blogger.

7. Buat lah Blog DoFollow.

Blog DoFollow bekerja dengan prinsip akan memberikan backlink secara otomatis kepada setiap link pada setiap komentar yang ada pada setiap postingan blog tersebut. So, jika kita paham dengan apa itu Blog DoFollow tentu kita akan berlomba-lomba untuk memenuhi blog jenis tersebut dengan banyak komentar yang mencantumkan link blog kita. Apa sih manfaatnya berkomantar dalam Blog DoFollow ini? Yup, salah satunya adalah kualitas pagerank blog kita akan meningkat karena blog kita akan mendapatkan backlink gratis dari Blog DoFollow ini. Untuk pembahasan detailnya, silakan baca lagi artikel tentang Blog DoFollow dan Blog NoFollow.

Komentar bukan lah satu-satunya tujuan kita dalam menjalani aktiftias blogging. Lebih dari itu, mengasah kemampuan menulis dan berkontribusi memberikan karya terbaik yang bermanfaat bagi orang lain adalah sebuah kepuasan tersendiri bagi seorang blogger seperti kita.
Yuk kita berkarya dengan baik. Yuk kita berkomentar untuk mengapresiasi karya orang lain. Siap?
Salam blogger!

10 komentar:

  1. untuk meningkatkan jumlah komentar, letakkan kotak komentar di bawah postingan blog. hilangkan verifikasi kata karena bukan spam saja yang terhalangi, tetapi pengunjung juga.

    BalasHapus
  2. bagus mas regiadi,ak juga gitu kalow komen kayaknya terhalang membuat lama gt.blogku mw saya ubah ah.dulu saya kira spam itu berbahay ,ternyata komentar yg lebay.

    BalasHapus
  3. the one juga ikutan mw di rubah

    BalasHapus
  4. verifikasi kata itu sangat penting untuk mencegah spam, mengingat sekarang ini masih ada juga blogger yg berkomentar dgn mencantumkan link-link yg tidak kita ketahui keamanannya. untuk menghindari hal2 buruk yg tidak kita inginkan, memasang verifikasi kata adalah sebuah hal yg bijak. jangan hanya terobsesi mendapatkan komentar yg banyak, lebih baik sedikit tapi berkualitas.

    kalau untuk memudahkan akses pembaca dalam berkomantar, ubah saja bentuk komentar menjadi muncul halaman penuh agar error munculnya verifikasi kata tidak terulang. :)

    BalasHapus
  5. waduh jadi binggung ni ikut yg mana,semuanya benar

    BalasHapus
  6. komentar itu penting, tapi lebih penting lagi komentar yg berkualitas alias cocok dengan postingan :)

    BalasHapus
  7. Kalo blog baru dimana mas buat ngilangin verifikasi

    BalasHapus
  8. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    Silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus