5 Aturan SEO Yang Perlu Kita Ketahui Bagian IV

Sudah paham mengenai SEO? Jika belum, silakan dibaca artikel tentang SEO dulu ya kawan.
Yup, pada pembahasan ini merupakan pembahasan terakhir dari beberapa seri artikel tentang 5 Aturan SEO Yang Perlu Kita Ketahui. Mengapa sih SEO begitu penting untuk kita pelajari? Meski tidak semua di antara kita peduli dengan SEO, kita harus mulai buka mata dengan SEO mulai sekarang. Karena manfaat SEO ini sangat besar dan signifikan sekali terhadap perkembangan blog kita. Dan salah satu manfaat terpentingnya adalah SEO dapat kita gunakan sebagai senjata untuk berkompetisi dalam perebutan tempat di halaman utama hasil pencarian search engine.


Menarik bukan?
Adapun 5 Aturan SEO Yang Perlu Kita Ketahui selanjutnya tersebut antara lain:

1. Cloaking.

Teknik cloaking diterapkan dengan membuat halaman web yang sama dan menampilkan konten yang berbeda. Meskipun demikian, halaman yang dibuat itu tidak menampilkan konten yang dimaksud, karena tujuannya untuk menipu search engine dan pengunjung guna meningkatkan pagerank. Penggunaan teknik ini sangat merugikan, sehingga bisa saja blog kita akan terkena penalty hingga blog dibanned oleh search engine.

2. Web Crawler.

Web Crawler merupakan semacam search bot atau spider yang akan menelusuri setiap blog guna menjaring konten baru dan halaman blog yang baru. Web Crawler adalah sebuah program yang akan menjadi langkah awal dimulainya pengindeksan sebuah blog dan kontennya oleh search engine.

3. Duplikat konten.

Duplikat konten yang memiliki karakteristik yang sama akan sangat buruk bagi blog kita. Duplikasi konten merupakan salah satu penyebab blog kita terkena banned oleh google. Sehingga, sebisa mungkin jangan terbiasa untuk mempublikasikan konten dalam blog kita dengan hasil CoPas dari blog lain.

4. Canonical URL.

Canonical URL merupakan URL standar dari blog kita. Misalnya adalah http://www.akucintaindonesia.com. Akan tetapi, demi alasan kepraktisan banyak yang sekarang memperpendek URL dengan menghilangkan awalan www pada tiap domainnya. Contohnya adalah dari yang semestinya http://www.akucintaindonesia.com menjadi http://www.akucintaindonesia.com.

5. Robot.txt.

Robot.txt tidak lebih dari sebuah file yang terletak pada akar sebuah domain yang gunanya untuk menginformasikan kepada search bots tentang struktur dalam blog kita. Misalnya, dengan robot.txt akan memungkinkan untuk spesifik blok search bot dan menolak untuk mengakses folder spesifik yang berada di dalam blog.

Dengan pembahasan terakhir mengenai aturan SEO ini apakah sudah jelas?
Ada yang ingin bertanya atau menanggapi? Jika masih kurang jelas silakan ditanyakan lewat kotak komentar ya kawan.
Salam blogger!

4 komentar:

  1. menarik gan,..
    lanjut ke 5 Aturan SEO Yang Perlu Kita Ketahui Bagian v gan..

    BalasHapus
  2. bertanya:
    dalam dashbor blog pada setelah-refrensi dan penelusuran ada isian robot.txt khusus
    kalau mau diaktifkan apa yang hrs diisi

    BalasHapus
  3. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    Silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus