Teknik SEO On Page

SEO menjadi salah satu kebutuhan blogger yang harus diperhatikan. Meski sebagian di antar kita ada kerap kali mengabaikannya, tetapi pada dasarnya SEO ini sangat penting dan berperan sekali dalam memajukan blog kita. Sudah paham kan tentang bahasan kita kemarin mengenai apa saja manfaat dari SEO itu?


Berlanjut, kali ini kita akan membahas lebih teknis bagaimana penerapan SEO ini dalam blog kita agar ke depannya dapat membuat kinerja blog kita menjadi lebih baik. Pada intinya, penerapan SEO dibagi menjadi dua hal, yaitu Teknik SEO On Page dan Teknik SEO Off Page. Apa yang menjadi perbedaan di antara keduanya?

Teknik SEO On Page merupakan penggunaan Teknik SEO yang dilakukan secara internal dalam halaman blog kita. Sedangkan Teknik SEO Off Page merupakan penggunaan Teknik SEO yang dilakukan di luar blog kita, artinya dikerjakan secara eksternal. Pada bahasan kali ini kita akan secara khusus membahas mengenai bagaimana optimalisasi tersebut dilakukan terutama untu Teknik SEO On Page, sementara untuk Teknik SEO Off Page akan kita bahas lagi pada kesempatan berikutnya.

Bagaimana menerapkan Teknik SEO On Page dalam blog kita ini?

Gunakan meta keyword dan meta description.

Berdasarkan cara kerjanya, Google menggunakan salinan deskripsi blog kita dalam memasarkan blog kita di search engine. So, optimalkan lah penggunaan meta description ini agar lebih memudahkan Google dalam mengidentifikasi blog kita sesuai kebutuhan informasi yang sedang diakses untuk dicari. Meta keyword juga berguna untuk lebih mengidentifikasikan keyword yang dimasukan oleh pengguna internet dalam mencari informasi apakah relevan dengan informasi yang ada di blog kita atau tidak. Gunakan keyword yang benar-benar berhubungan dan menjadi topik blog kita agar penggunaanya lebih optimal. Lebih spesifik lebih baik daripada asal menembakan (dengan menuliskan) keyword yang bersifat umum.

Gunakan title tag.

Penggunaan title tag sangat bermanfaat dalam SEO. Dengan title tag, blog kita akan lebih mudah terindeks saat ada penjaringan oleh search engine terhadap sebuah keyword yang dimasukan oleh pengguna internet untuk mencari informasi. Dengan title tag, maka judul dari setiap postingan dalam blog kita akan lebih mudah dimasukan oleh search engine sebagai keyword. Untuk pembahasan bagaimana cara menerapkan title tag beserta meta description dan meta keyword akan ditampilkan pada postingan berikutnya.

Keyword pada postingan.

Saat kita menulis sebuah postingan, pastikan jika kita memberikan kata kunci (keyword) dari topik apa yang sedang kita bahas. Keyword juga bias menyasar pada perkiraan keyword apa yang menurut kita akan digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi yang berkaitan dengan isi postingan yang kita buat tersebut. Penekanan keyword dalam postingan ini dapat dilakukan dengan memberikan cetak tebal (bold), tulisan miring (italic), atau garis bawah (underline) pada kata atau kalimat yang kita gunakan sebagai keywordnya.

Cantumkan link antarhalaman posting.

Saat kita menuliskan sebuah postingan juga jangan lupa untuk mencantumkan link dari halaman postingan blog kita lainnya. Akan tetapi, pencantuman link ini juga tidak boleh sembarangan. Jangan membuat pembaca kebingungan karena kita asal pasang link tanpa memperhatikan keterkaitannya. Dengan link yang saling tertempel dalam masing-masing halaman posting blog kita ini akan membuat halaman postingan yang terkena link akan terseret masuk apabila ada salah satu halaman postingan blog kita yang masuk dalam halaman utama hasil pencarian search engine.

Optimalisasi gambar.

Saat kita memasukan gambar dalam postingan blog, pastikan jika gambar yang kita masukan tersebut terlebih dahulu memiliki nama simpanan sebelumnya yang mendukung keyword dari postingan kita. Misalnya saat itu kita sedang menuli postingan tentang cara membuat pecel lele. Maka, saat kita memasukan gambar ikan lele sebaiknya gambar tersebut memiliki nama simpanan seperti cara buat ikan lele, ikan lele, buat ikan lele, dsb. Pada saat kita menulis postingan, klik bagian edit HTML yang letaknya di sebelah compose. Pada bagian gambar yang sudah terupload, cari keterangan  alt. Nah, masukan keyword yang kita harapkan setelah keterangan alt tersebut.

Bagaimana?
Cukup jelas bukan mengenai Teknik SEO On Page ini?

Jika penggunaan SEO sangat bagus, maka kualitas blog kita pun juga akan ikut terangkat dengan baik. So, mari kita mulai dengan mengerjakannya sekarang!
Kalau ada yang belum jelas bias silakan ditanyakan ya kawan..
Salam blogger!

4 komentar:

  1. konon dalam update terbaru google tidak mementingkan lg meta keyword dan meta description, apa itu benar masbro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya Google masih menggunakan meta description dan meta keyword. Hal ini bisa diatur dalam setelah blogspot yang baru.
      Dasbor > setelan > preferensi penelusuran.

      Hapus
  2. antap sobbb.... ikut belajar Teknik seonya

    BalasHapus
  3. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    Silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus