Blog DoFollow dan Blog NoFollow

Apa ada yang sudah pernah mendengar dan membaca blog dofollow dan nofollow ini?
Ya, seperti yang sudah pernah kita bahas kemarin jika blog jenis dofollow maupun nofollow masing-masing memiliki pengaruh yang berbeda dalam memberikan blog kita hasil SEO yang baik. Di mana jika blog kita merupakan jenis blog dofollow maka kualitas SEO akan buruk, sedangkan jika blog kita nofollow maka kualitas SEO blog kita akan lebih baik dari dofollow meski kemungkinan baiknya kualitas tersebut masih dipengaruhi oleh beberapa factor seperti penerapan Teknik SEO OnPage dan Teknik SEO OffPage.


Untuk lebih jelas lagi mengenai apa itu blog dofollow dan blog nofollow, mari kita simak pembahasan mengenai ciri yang membedakan berikut ini.

Jumlah komentar.

Pada umumnya, blog yang bersifat dofollow lebih memiliki banyak komentar di blognya daripada blog jenis nofollow. Bagaimana bisa? Ya, hal ini disebabkan karena kebanyakan blogger sudah tahu jika kita berkomentar di blog dofollow, itu sama saja kita mendapatkan satu backlink gratis dalam blog tersebut. Tentu kita masih ingat bukan, betapa pentingnya backlink terhadap blog kita? Singkatnya, backlink dapat mempengaruhi kualitas Google Pagerank dan Alexa Traffic Rank dari blog kita.

Jenis komentar.

Jika melihat pada latar belakang alasannya, maka bisa disimpulkan jika komentar-komentar yang berada di blog dofollow cenderung lebih bersifat spam daripada komentar yang ada di blog nofollow. Hal ini disebabkan oleh antusiasme pengunjung blog dofollow yang ingin berkomantar karena latar belakang tadi. Jadi? Ya, mereka asal komentar “sekenanya” mereka layaknya komentar kentut. Berbeda dengan komentar di blog nofollow. Komentar di blog nofollow cenderung “nyambung” dengan topic apa yang di bahas dalam postingan tersebut. Umumnya pengunjung mengomentari postingan tersebut karena kagum, penasaran, bertanya karena tidak jelas, menambahkan materi, dan memberikan penilaian. Lebih logis ya?

Kualitas Alexa Traffic Rank.

Kita tahu jika cara kerja alexa traffic rank ini berkaitan dengan jumlah kunjungan dalam blog kita. Semakin banyak pengunjung terhadap blog kita, maka kualitas alexa traffic rank blog kita pun akan semakin bagus. Peningkatan kualitas alexa traffic rank blog kita ditandai dengan menurunnya nilai yang terpampang dalam alexa traffic widget yang sebelumnya sudah kita pasang. So, bagaimana korelasinya dengan blog dofollow dan blog nofollow? Yup, dengan iming-iming backlink gratis tentunya blog dofollow akan memiliki jumlah pengunjung yang lebih banyak daripada blog jenis nofollow. Dan kesimpulannya adalah blog dofollow ini cenderung memiliki kualitas alexa traffic rank yang lebih baik daripada blog nofollow.

Kualitas Google Pagerank.

Pagerank dalam cara kerjanya memperhitungkan jumlah link masuk dan link yang keluar dari blog kita. Semakin banyak link yang masuk, maka pagerank blog kita akan semakin bagus. Mengapa? Singkatnya adalah karena blog kita ini diasumsikan sebagai blog yang bagus dan memiliki konten yang  berkualitas dengan indikasi banyaknya link yang mengarah pada blog kita. Sebaliknya, semakin banyak link yang keluar menuju blog lain dan berasal dari blog kita, maka sudah bisa dipastikan jika blog kita akan memiliki nilai pagerank yang rendah.

Penerapannya dalam blog dofollow maupun nofollow pun juga sama. Blog dofollow yang memiliki lebih banyak link keluar daripada link masuknya, sehingga akan memiliki kualitas pagerank yang buruk daripada blog nofollow. Sedangkan blog nofollow memiliki link masuk relatif berimbang dengan link keluarnya  berkaitan dengan aktifitas blogroll yang dilakukan, sehingga blog nofollow memiliki kualitas pagerank yang bagus.

Logo blog dofollow.

Biasanya dalam blog dofollow dicantumkan logo blog dofollow agar pengunjung mengetahuinya dan berharap akan semakin banyak pengunjung yang tahu maka akan semakin banyak pula pengunjung yang berkomentar. Sedangkan blog nofollow tidak ada yang menampilkan logo blog jenis nofollow.

Ternyata ciri-ciri di antara keduanya itu saling membedakan bukan? So, sudah agak paham kan tentang apa itu blog dofollow dan nofollow? Intinya adalah jika blog dofollow merupakan blog yang memberikan backlink gratis kepada setiap link yang tercantum dalam blog tersebut, apakah melalui link dalam kotak komentar dan link yang memang di pasang di sidebar blog tersebut. Hal ini dilatar belakangi oleh ijin bagi search engine untuk melakukan penelusuran lebih lanjut tentang link yang menempel di setiap bagian dalam blog dofollow tersebut. Sedangkan blog nofollow adalah kebalikannya.

Ada yang masih bingung? Yuk ditanyakan.
Ada yang ingin menambahkan terkait postingan di atas, silakan disampaikan lewat kotak komentar ya kawan..
Mari kita berbagi dengan keikhlasan hati!
Salam blogger!

11 komentar:

  1. Infonya menarik, tapi untuk sebuah blog bagusnya pakai dofollow atau nofollow ya? maklum masih newbie

    BalasHapus
  2. tergantung apa yang pengen kita punya bro. apa itu komen yg banyak apa pagerank yg bagus. kalau mau komen banyak dlm waktu singkat, ya pake saja dofollow. kalau mau pageranknya bagus, ya stay aja di nofollow. ;)

    BalasHapus
  3. lagipula kalau menjadikan sebuah blog do follow, itu bahaya.
    karena semua link akan jadi link hidup.
    kalau link di komentar menuju ke web/blog yang melakukan spam/kegiatan ilegal lainnya, dan blog itu dibanned google.
    maka blog kita juga akan kena banned.

    BalasHapus
  4. betul, saya juga menggunakan blog jenis nofollow untuk menghindari hal tsb.

    BalasHapus
  5. sebenernya saya masih agak bingung nih perbedaan secara nyatanya, bisa ngasih contoh mas?? website yg dofollow seperti apa, kalo nofollow kan seperti ini.. karna sebaik baiknya proses pembelajaran menurut saya itu yang ada contohnya.. hehe

    BalasHapus
  6. contoh blog nofollow seperti blog ini. artinya, jika ada link yang terpasang dalam komentar di setiap postingan blog ini maka tidak akan mendapatkan backlink dari blog ini.

    jika blog dofollow, setiap ada link yang diberikan pada profil komentator akan mendapatkan backlink dari blog dofollow tersebut. manfaat mendapatkan backlink yaitu dapat meningkatkan pagerank blog kita/yang memberi komentar di blog dofollow tsb.
    contoh blog dofollow dapat dilihat di sini,

    http://www.panduanbelajarblog.com/2011/05/daftar-blog-dofollow-di-tahun-2011.html

    BalasHapus
  7. bagaimana cara kita mengetahui,blog kita itu nofollow atau dofollow?newbie nih, trus bisa gak kalo misal kan blog yang tadinya dofollow kemudian di ubah menjadi nofollow??

    BalasHapus
  8. cara ngubah nya dofollow nofollow gimana mas? Apakah ada pngaturan khusus?

    BalasHapus
  9. makasi gan buat infonya
    oy saya mau tanya kalau kita pasang live link ke dofollo ada gak pengaruhnya?

    BalasHapus
  10. Saya jadi tahu tentang SEO di blog ini, hampir semua artikelnya saya baca.
    Terima kasih buat penulis yang telah suka-rela membagikan informasi dan pengetahuannya ke publik, juga kepada para blogger baru seperti saya.
    Ijin menempel link ya?
    Semoga saja ada yang menengok blog saya.
    Terima kasih!
    http://makhluk-dunia.indonesiaz.com/

    BalasHapus
  11. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    Silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus