Bisnis Online Menjual eBook

Bisnis online sekarang sudah menjadi pilihan banyak orang dalam bekerja. Meski tidak ada jaminan pasti untuk meraih kesuksesan, fakta menyebutkan jika bisnis online selalu berkembang dari waktu ke waktu semenjak terkenalnya internet di kalangan masyarakat. Orang-orang yang terjun dalam bisnis online ini umumnya tergiur oleh kisah sukses para pebisnis online yang berhasil meraup keuntungan maksimal meski tidak jarang ada sebagian di antaranya yang bersifat penipuan atau SCAM.

Bisnis online dapat kita jalankan dalam berbagai bentuk selama hal tersebut masih berkaitan dengan media online atau internet, seperti membuka Sekolah Blog, berjualan secara online, konsultasi online, dsb. Berkaitan dengan jual beli secara online, kita dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan cara menjual ebook berkualitas premium kepada orang lain untuk mendapatkan keuntungan.

Pada zaman yang serba modern seperti sekarang, banyak orang yang beralih dari penggunaan konvensional menjadi penggunaan yang berbasis elektronik. Selain lebih sederhana, semua hal yang berbasis elektronik juga dirasakan lebih efisien dan efektif dalam mendapatkan manfaat yang diinginkan. Misalnya, sekarang banyak yang sudah melakukan transaksi jual beli via online melalui ecommerce, pendidikan via online melalui elearning, ngobrol via chatting, dsb.

 

Nah, dengan adanya peluang bisnis online ini lah yang kemudian membuat banyak blogger memanfaatkannya sebagai media untuk berjualan ebook. Apa itu ebook? Secara harfiah, ebook berarti buku online. Maksudnya adalah sebuah buku layaknya buku pada umumnya, tetapi dikemas dengan media elektronik. Sehingga, buku ini hanya dapat dibuka melalui sarana elektronik yang mendukung program untuk membuka ebook tersebut, misalnya komputer dan HP.

Mengapa bisnis ebook menjadi pilihan?

Yup, latar belakang utamanya adalah masalah kepraktisan. Praktis dalam membuat, praktis dalam menjual, dan praktis dalam menerima hasilnya. Semua orang dapat membuat ebook dengan mudah. Tinggal bermodalkan wawasan tentang apa yang kita tulis, kita hanya perlu menuangkannya ke dalam bentuk ebook yang berbasis .pdf atau .exe. pembuatannya pun tidak memerlukan software khusus kecuali ebook berbasis .exe.

Masalah pemasaran? Mudah! Kita tidak perlu repot-repot datang ke percetakan untuk mencetak buku dan datang ke penerbit untuk menerbitkan buku. Tinggal bermodalkan email, “cling”. Ebook pun sudah langsung terkirim (terjual) kepada pihak pembeli. Praktis sekali bukan?

Bagaimana dengan hasilnya? Wao, jangan ditanyakan! Jika kita memang mampu menciptakan sebuah ebook dengan komposisi materi yang memang berkualitas, harga jual ebook yang mencapai ratusan ribu rupiah adalah sebuah harga yang wajar dan biasa kita jumpai di mana-mana. Bayangkan jika produk kita sudah banyak dikenal oleh masyarakat dan kita mendapatkan banyak permintaan. Mungkin omset jutaan rupiah akan kita dapatkan dengan mudah bukan?

Apa saja yang harus kita perhatikan?

  1. Upayakan untuk menciptakan produk yang fresh dan original.
  2. Materi ebook harus lah menjangkau seluruh lapisan agar bidang pemasaran semakin luas.
  3. Kita memiliki persepsi yang kuat di mata orang sebagai penjual ebook karena kita merupakan ahli terpercaya di bidang materi ebook yang kita buat.
  4. Buat sistem referral untuk mempermudah proses pemasaran.
  5. Tetapkan harga yang pas.

Bagaimana? Cukup menarik bukan?
Kalau kita memang hobi menulis dan ahli dalam bidang tertentu, kenapa tidak mencoba membuat ebook? Yuk kita mulai berbisnis online dari sekarang.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blogging yang diselenggarakan oleh AstaMedia Group. Bagi pembaca yang berminat untuk mengikuti acara ini, silakan kunjungi link berikut ini Lomba Blog “Bisnis Online” AstaMedia Group untuk melihat keterangan selengkapnya.

27 komentar:

  1. ya benar sekali sobat, salah satu peluang bisnis menjanjikan jika kita mau menekuninya, semoga sukses kontesnya :)

    BalasHapus
  2. emang sobat punya bisnis ini?
    Emang menggiurkan. Tapi kita harus rajin2 mengetik hehehe. Itu kontes semoga menang. Dan q insyaAllah ikutan. Hehehe

    sob. Loading page ku lelet kaga?

    BalasHapus
  3. @Anak Rantau:

    bisnis ini juga membutuhkan keahlian dalam menulis dan ilmu dalam dibidang tertentu.
    trims untuk doa dan dukungannya ya. :)

    BalasHapus
  4. @haris widodo:

    sekarang ini belum karena saya lebih fokus untuk kuliah. semoga kedepannya ada kesempatan untuk merealisasikannya.

    trims untuk dukungannya. ayo berpartisipasi juga, semakin banyak peserta semakin seru. :D

    untuk kecepatan loadingnya masih standar dan tidak berat. coba baca artikel berikut untuk mengetahui kecepatan loadingnya secara pasti.

    http://www.panduanbelajarblog.com/2011/07/cara-mengetahui-berat-dan-lamanya.html

    BalasHapus
  5. jadi pengen menekun bidang ebook. Cuman ogah ngetik aja kendalanya. :D

    Moga sukses kontesnya sob!

    BalasHapus
  6. bisnis online dengan menjual ebook ini memang perlu ketekunan dan kerja keras bro untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
    trims juga untuk doa dan dukungannya. :D

    BalasHapus
  7. Iya bang..apalagi bila ebook itu memang yang lagi trend pada saat itu dan dengan harga terjagkau hehe...
    oya..supoort deh untuk lombanya...semoga menang lombanya bang :)

    BalasHapus
  8. sudah banyak kok yang melakukan bisnis dengan e-book ditambah dengan video tutorial

    BalasHapus
  9. @Tonnys:

    justru ketika saya mengamati ada pelaku bisnis online yang sukses dengan jualan ebooknya, dia menjual ebook tsb dengan harga yang relatif mahal hingga mencapai ratusan ribu rupiah.

    trims untuk doa dan dukungannya. :)

    BalasHapus
  10. @herlan:

    karena itu diperlukan strategi bisnis terutama dalam penjualannya yang lebih bagus. harus ada pembeda dan nilai tambahnya.

    BalasHapus
  11. yuuuup walau topiknya bisa dari yg udah ada, tapi harus lebih original dan berbeda dgn yg lain, termasuk gaya tulisan.
    ebook tuh mirip buku, hanya beda bentuk dan pemasaran

    BalasHapus
  12. betul. dari segi konsep bentuk jadinya dan pemasarannya semuanya menggunakan teknologi.

    BalasHapus
  13. aku juga ingin banget bikin e-book, tapi lebih ke e-novel atau kumpulan cerpen hasil karyaku sih... tapi hingga saat ini masih belum ada waktu merubahnya ke bentuk e-novel. Kalo boleh tau, e-book creator apa yang umum digunakan mas?

    btw, sukses untuk kontesnya yaaa... :-)

    BalasHapus
  14. Smart eBook Editor 1.0 dan ebook maker.

    coba unduh di sini.

    http://www.indowebster.com/download/files/ebook_maker

    BalasHapus
  15. ini yang saya belum okeh sampai sekarang :D

    BalasHapus
  16. Download softwarenya di softpedia, mungkin ada

    BalasHapus
  17. selama ini saya lebih sering mendownload ebok daripada, karena belum bisa menulis.hehehe

    BalasHapus
  18. mau dong bisa dapat penghasialn dai bisnis jual ebook di internet, gimana caranya sob? mohon arahannya...trims :)

    salam kenal, ane newbie baru belajar bikin web, bisa diintip di: www.pintuajaib.com

    BalasHapus
  19. Jual ebook emang untungya besar banget..

    BalasHapus
  20. Nice and very helpful information i have got from your post. Even your whole blog is full of interesting information which is the great sign of a great blogger.

    Toshiba - Satellite 15.6" Laptop - 8GB Memory - 750GB Hard Drive - Mercury Silver

    Toshiba - Satellite 15.6" Laptop - 4GB Memory - 500GB Hard Drive - Satin Black (C55A5243NR)

    BalasHapus
  21. Menginspirasi sekali... kalo jual e book nya via situs iklan baris saya, iklanin.net , laku gak ya...? Atau perlu bikin web lagi? Atau via web toko online kaya tokotabitha.com ? Mohon telunjuknya...

    BalasHapus
  22. sebenarnya saya tertarik dg berjualan ebook cm mash bingung gmn cara memulainya... mga sukses min...

    BalasHapus
  23. sipp.. ulasan yang bagus...

    BalasHapus
  24. blog informatif sekali. layak buat referensi untuk menambah pengetahuan, terutama dalam hal digital marketing karna saat ini dunia digital makin berkembang, segala sesuatu dibuat dengan bentuk digital, buku digital, video digital, sound digital dll. terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  25. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus
  26. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    Silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus
  27. Selamat datang di intanqq

    Ayo bergabung bersama kami, tersedia 7 permainan dalam 1 ID:
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Apa kelebihan bermain di intanqq? Berikut kelebihannya:
    - BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
    - BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
    - Win rate 98%
    - No robot
    - Fair play 100% player vs player

    Tunggu apalagi? Ayo segera bergabung sebelum ketinggalan promonya :)

    bandarq
    dominoqq
    domino99 online terpercaya
    Domino Qiu Qiu
    dominoqq

    BalasHapus