Perbedaan Google PageRank Dengan Alexa Traffic Rank

Google PageRank dan Alexa traffic rank memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah blog. Karena melalui keduanya inilah kita dapat menentukan kesimpulan apakah blog tersebut berkualitas atau tidak. Jika blog kita berorientasi pada sebuah blog yang kita gunakan untuk media bisnis online, maka memiliki nilai pagerank dan traffic rank yang bagus adalah sebuah keharusan. Sebab pada umumnya broker atau advertiser selalu menginginkan blog yang demikian untuk bisa memasangkan iklan milik mereka.

 

Berbicara tentang keduanya ini ternyata antara yang satu dengan lainnya memiliki perbedaan walaupun memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai indikator popularitas blog. Lalu, apa saja perbedaan antara google pagerank dengan alexa traffic rank itu?

Faktor perhitungan.

Jika google pagerank diperhitungkan berdasarkan banyak sedikitnya link yang mengarah pada sebuah blog, maka alexa traffic rank diperhitungkan berdasarkan jumlah kunjungan ke dalam blog tersebut.

Pengelola dan pemeringkat.

Pagerank dibuat dan diperhitungkan menurut algoritma oleh google.com. Sedangkan traffic rank dihitung atau dikalkulasi nilainya oleh alexa.com.

Periode update.

Pada dasarnya alexa traffic rank lebih sering update dari pada google pagerank. Jika alexa cenderung update setiap hari mengikuti fluktuasi jumlah kunjungan pada sebuah blog, maka google pagerank belum diketahui secara pasti kapan periode update yang dilakukannya. Ada yang menyatakan pagerank ini update setiap tiga bulan sekali. Akan tetapi, untuk kepastian jadwal updatenya sendiri belum bisa diketahui.

Cara penilaian.


Dalam google pagerank, popularitas sebuah blog ditentukan melalui nilai pagerank antara 0-10. Semakin besar nilainya, maka popularitas blog tersebut akan semakin bagus. Hal ini berbeda dengan alexa traffic rank. Metode penilaian alexa traffic rank terlihat dalam nilai traffic ranknya yang berada pada nilai antara 1-jutaan tergantung jumlah situs dan blog yang ada di dunia internet. Semakin kecil nilai traffic ranknya, maka blog tersebut akan memiliki kualitas yang semakin bagus.

Bagaimana kawan? Apakah sudah jelas mengenai perbedaannya? Meski demikian, kita tidak boleh terpaku pada kedua indikator itu saja dalam menjalankan aktifitas blogging. Karena kedua parameter tersebut hanya wajib dipenuhi oleh blog yang memang ingin bergerak dibidang komersial dan menargetkan penghasilan online dari blog yang dikelolanya. Sementara kita yang blogging karena hobi dan kesenangan tidak menjadi masalah apabila kurang optimal dalam memenuhi nilai pagerank dan traffic rank yang bagus. Masih ada indikator lain yang menunjukan bahwa sebuah blog itu populer dan berkualitas atau tidak. So, keep happy blogging!

Kalau ada yang ingin ditambahkan mengenai perbedaannya, silakan disampaikan lewat komentar ya? Mari kita berbagai dalam kebaikan!
Salam blogger!

5 komentar:

  1. kira2,, alexa update pageranknya kapan ya gan,,??

    BalasHapus
  2. waaah keren nih artikelnya.jika ada yang memerlukan perlengkapan lari segera aja kunjung http://sukaoutdoor.com/ disana banyak perlengkapan olahraga lho

    BalasHapus
  3. Perbedaan paling signifikan antara google rank dengan alexa rank ada di sini >> Perbedaan Google Rank Dengan Alexa Rank

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.totaltren.com/2015/10/perbedaan-google-rank-dengan-alexa-rank.html

      Hapus
  4. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus