Penyebab Blog Di Banned Google

Pernahkan mendengar istilah blog yang dibanned oleh google?
Sebuah blog yang telah kita buat bisa saja dibanned oleh google yang notabene merupakan pemilik blogger. Jika blog kita baru dibuat dan tidak memiliki keuntungan yang terlalu signifikan mungkin tidak terlalu menjadi masalah jika dibanned. Tapi, apa jadinya jika blog kesayangan kita yang sudah lama kita bina dan memberikan kesenangan seperti banyaknya pengunjung per hari dan merupakan tempat yang biasanya kita gunakan untuk berbagi dihapus oleh google? Pasti akan sangat mengecewakan bukan? Nah, untuk itu ada baiknya kita juga berhati untuk tidak bersikap yang memancing kemarahan google hingga blog kita bisa dibanned.

 

Apa saja hal yang dapat membuat blog kita dibanned google?

Tindakan copy paste.

Yup, maraknya tindakan asal jiplak akan sangat merugikan bagi kita. Tidak hanya bagi penjiplaknya saja, tapi bagi pihak yang dijiplak pun akan sangat berpotensi dirugikan karena akan memicu dobel konten.

Cloaking dan redirect.

Cloaking merupakan tindakan yang memasukan banyak keyword ke dalam sebuah halaman yang menyasar pada niche tertentu padahal halaman tersebut hanya sebuah halaman biasa dalan tidak memuat informasi yang seperti keyword yang ditampilkan. Setelah itu kemudian di redicert atau diarahkan menuju sebuah halaman yang diinginkan.

Broken link.

Pastikan agar tidak ada broken link yang menuju blog kita, entah itu dari internal link maupun eksternal link. Jangan pula menaruh link yang menuju ke blog yang dibanned google dan jangan sampai juga kita mendapatkan link dari blog yang sudah dibanned oleh google.

Menggunakan software pemerbanyak link.

Semakin banyak link yang mengarah ke blog kita akan membuat ranking blog kita semakin baik juga. Tapi, menggunakan software untuk melakukan hal demikian dengan menggenerate link secara otomatis menuju blog kita akan memicu tindakan banned oleh google. Lakukan saja blogroll secara biasa.

Keyword spamming.

Keyword spamming merupakan tindakan meletakan banyak keyword di meta tag dalam blog kita yang pada intinya terkesan “ngawur” dan tidak sesuai dengan topik dari blog kita.

Teks dan link tersembunyi.

Teks dan link yang tersembunyi ini tidak dapat dideteksi dengan melihat secara biasa. Dengan menggunakan teks dan link tersembunyi ini memang dapat menaikan posisi rangking sebuah blog, tapi justru akan membuat blog kita semakin mudah untuk dibanned oleh google.

Munculnya virus.

Kadang kala tanpa disadari blog kita disusupi oleh virus yang masuk. Dan dengan adanya virus ini akan membuat blog kita menjadi tidak segan-segan untuk dibanned google. Cara untuk mencegahnya adalah berikan verifikasi dalam kotak komentar agar blog terhindar dari virus dan spam.

Konten dewasa.

Bagaimana pun juga mempublikasikan konten dewasa melalui media blog itu sangat dilarang. Akan tetapi, google memberikan toleransi dengan mewajibkan setiap blog yang menampilkan konten dewasa harus memberikan sebuah tanda jika blog tersebut menampilkan konten dewasa di dalamnya. Cara yang demikian ini sudah tercantum dalam fitur di blogger.

Pada dasarnya semua hal yang memicu blog terkena banned adalah kita yang membina blog tersebut dengan cara-cara yang curang. Karena ini, lakukan lah aktifitas blogging dengan biasa dan sewajar-wajarnya. Jangan terpancing dengan cara-cara yang instan dalam membesarkan blog. Jika blog kita berkualitas, pasti akan besar dengan sendirinya. Betul?
Jadi, mari kita ciptakan dunia blogging yang sehat, aman, dan selalu menyenangkan!

Jika masih ada yang ingin ditambahkan silahkan dikomentari ya kawan-kawan..
Salam blogger!

30 komentar:

  1. rasanya kurang kawan, ciri2 blog di banned
    trims infonya untuk menjadi Blogger mandiri

    BalasHapus
  2. kalau saya malahan sering menjadi korban copy paste...

    BalasHapus
  3. memperhatikan juga Google sebagai owner mereka tidak mau di kotori blog yang di sebutkan dengan ciri2 di atas. Semoga google lebih ketat lagi.
    Terima kasih sharingnya..

    BalasHapus
  4. Penyebab Blog Di Banned Google, membuat saya mengharap agar blog saya tidak menjadikan blog penyebab blog lain dibanned yang wajib dibanned pula,hehehe....

    saya perlu hati-hati menjadikan blog/web referensi untuk postingan saya....dan perlu secara berkala memeriksa...

    BalasHapus
  5. terima kasih infonya sob, mantap nih

    BalasHapus
  6. memang pada dasarnya faktor utama yang menjadikan sebuah blog terkena banned adalah karena copy paste. di blog ini sudah ada postingan tentang bagaimana cara agar blog kita anti copas. bisa di cek lagi di menu arsip.
    semoga dengan adanya pemberitaan seperti ini bisa menginspirasi kita semua agar menjalankan aktifitas blogging sebaik2nya demi kenyamanan dan kesenangan kita bersama.
    salam blogger kawan2 semua..!

    BalasHapus
  7. masih newbieeee banget...
    Masih gaptekkkk tek tekkk...hehehehe

    BalasHapus
  8. makasih ya..mas atas infonya sangat membantu

    BalasHapus
  9. betul mas, aku juga sering kecolongan karena blogku di bajak tanpa aturan. mestinya kita wajib bermurah hati dengan memberikan sumbernya..
    semoga blogger makin jaya dan anti copassss...

    BalasHapus
  10. saya pernah punya blog yang di banned google dengan platfrom blogger

    BalasHapus
  11. memang duplikat konten menjadi faktor yang paling memicu banned dari google. kalau tidak ingin asal di copas, coba saja gunakan aplikasi anti copas di blog kita agar blog tersebut aman dari dari aksi copas oleh pengunjung.

    BalasHapus
  12. WKWKWKWKWKW KENAPA KOMENTARNYA DI HAPUS ? TAKUT LO ? ANJING AJA BIKIN JASA BUAT BLOG. BY : JOSE MOURINHO HAHAHAHAHA

    BalasHapus
  13. kadang juga ada alasan yg kurang bisa kita telusuri penyebabnya kenapa blog kita dibanned oleh google.
    tapi kalau mau aman, pakai domain sama web hosting sendiri aja biar ga dibanned. karena gak ada TOS yang mengharuskan kita untuk menaati kebijakannya.

    BalasHapus
  14. wah jadi nambah ilmu nih..thanks ya kang..

    BalasHapus
  15. wah terimakasih sekali info nya...

    BalasHapus
  16. kalu link blog ini saya pasang di blog saya bloleh tidak...

    soal nya agar memudahkan saya belajar seputar blog.

    BalasHapus
  17. tentu saja boleh bro.
    silakan di pasang di sidebar(halaman samping) blog kamu.
    trims udah berkunjung dan komentar. xD

    BalasHapus
  18. suksek selalu bro mantaf taf taf taf!!

    BalasHapus
  19. amin.
    trims bro.
    hati2 ya, jgn sampai blog kita terkena banned oleh Google. :)

    BalasHapus
  20. blog saya kena banned padahal konten original smua prediksi saya sih karena cloacking (padahal cuma edit2 meta tag dan title nya) trus mungkin karna saya terlalu banyak mengkomentari blog orang lain dengan komentar yang singkat, apakah benar hal2 yang saya sebut tadi penyebab blog saya di banned, ada saran atau usul?

    BalasHapus
  21. mungkin komentar dgn akun bloggernya dicurigai sebagai spam, karena mungkin berkomentar secara singkat, sama, dan terus diulang2.

    BalasHapus
  22. terimakasih banget nih gan infonya...

    BalasHapus
  23. jadi takut di banned :(
    untung google baek ma ane

    BalasHapus
  24. Gan, Kalau mau nulis di c-box tidak bisa dan muncul kalimat "Posting failed. You cannot post - you have been banned." apakah ini merupakan banned dari google, thanks

    BalasHapus
  25. Ane benar-benar khawatir, diatas ada yang pernah ane lakukan, tapi mudah-mudahan aman-aman saja, thanks min atas ilmunya sangt bermanfaat sekali dan menambah pengetahuan saya

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus