Pengertian Affiliasi

Apa itu affiliasi?
Bagi sebagian orang istilah ini mungkin terbilang jarang diketahui. Yup, untuk lebih jelasnya affiliasi merupkan sebuah program bisnis di mana kita menjadi perantara antara penjual dan pembeli dan kita akan mendapatkan bayaran atas jasa yang telah kita lakukan tersebut. Di dunia online, program affiliasi merupakan salah satu yang diminati oleh banyak orang. Mengapa? Apalagi kalau bukan karena besarnya komisi yang akan didapat. Bayangkan saja, rata-rata komisi yang bisa mereka dapat berkisar antara 5%-50% dari hasil penjualan barang tersebut. Bahkan, tidak jarang pula ada penjual yang mau memberikan fee lebih besar porsinya kepada affiliator (orang yang melakukan aktifitas affiliasi) dari pada mereka yang menjual barang itu sendiri (produsennya), semisal 70%-90%. Wao, hebat bukan?

 

Kenal dengan amazon.com?
Yup, saat ini amazon merupakan sebuah situs yang sukses berkembang pesat berkat upaya affiliasinya yang diterapkan untuk memasarkan produknya di sana. Setiap orang diberikan link atau URL affiliasi yang berguna untuk mencari komisi apabila ada yang mampu mempertemukan pembeli kepada penjual. Dan apabila transaksi berjalan mulus hingga proses jual beli terlaksana, maka sang affiliator akan mendapatkan upahnya yang bisa dibilang besar! Terbukti, affiliasi menjadi salah satu sumber pendapatan online yang sangat menggiurkan bukan?

Di internet sekarang ini memang banyak yang mengandalkan program affiliasi sebagai langkah penjualan produk online mereka. Akan tetapi, tidak jarang juga ada program affiliasi yang bersifat penipuan alias scam. Bagaimana bisa? Yup, namanya juga bisnis online. Jika kita tidak cermat, pasti lah kita akan tersesat!

Sedikit tips agar kita terhindar dari kekeliruan tersebut adalah pastikan jika situs penyedia program tersebut benar-benar terpercaya kredibilitasnya. Jangan asal ikut-ikutan! Perhatikan juga track record pembayarannya kepada members yang bergabung. Lancarkah? Terakhir, lihat berapa besar dia membayar kita. Apakah bayaran dalam arti imbalan yang kita terima itu sebanding dengan usaha yang kita lakukan untuknya? Jika imbalan yang kita terima jauh melebihi apa yang bisa dia peroleh dari usaha kita, maka kita patut waspada!

Ok, cukup jelas kan?
Kalau ada tanggapan silakan disampaikan lewat komentar.
Salam blogger!

1 komentar:

  1. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus