Jangan Komentar Kentut

Berkomentar merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan seorang blogger pada blog milik blogger lain. Selan berguna untuk menciptakan jalinan silaturahmi, kegiatan ini juga berguna sebagai ajang untuk mempromosikan blog. Akan tetapi, tidak jarang banyak blogger yang menyalahgunakan kegiatan berkomentar ini khususnya untuk mempromosikan blognya dengan cara-cara yang kurang baik. Misalnya saja asal komentar meski apa yang dituliskan tidak ada sangkut pautnya dengan postingan yang dikomentari atau sering kita dengar dengan istilah komentar kentut. Dan ada pula yang gencar mempromosikan blognya dengan berkomentar yang menjurus pada tindakan spam.

 

Pada dasarnya berkomentar itu sangat baik, bahkan sangat dianjurkan. Tapi, hal ini juga harus dijalankan dengan cara yang baik juga. Jangan pernah memikirkan berkomentar hanya untuk mendapatkan kunjungan balik, follow, atau back link dari pemilik blog yang kita komentari. Tapi, berpikir lah untuk memberikan komentar sebaik mungkin. Hargai mereka, hargai karya mereka dengan apresiasi dalam bentuk komentar kita yang baik pula. Jangan asal komentar kentut!

Nah, untuk mencegah komentar kentut yang kurang bermutu ini ada beberap hal yang bisa kita lakukan sebagai upaya pencegahan. Apa itu? Baca dulu semua isi postingannya, setelah itu baru kita bisa berkomentar! Sekarang kalau dilogika begini, apa yang mau kita komentari kalau kita tidak mengerti hal yang ingin kita komentari tanpa membacanya terlebih dahulu? Iya kan? Karena itu, baca lah!

Jangan takut waktu kita akan terbuang percuma, karena dengan membaca semua isi postingan tersebut akan membuat pengetahuan kita bertambah. Selain itu, dalam berkomentar pun kita tidak asal-asalan. Hindari baca skimming atau baca secara acak. Sesungguhnya banyak blogger yang berusaha sungguh-sungguh untuk menampilkan informasi terbaik yang dapat mereka berikan dalam postingan blognya. Jadi, kenapa kita sia-siakan begitu saja tanpa membacanya?

Dengan kita berkomentar baik dan bermutu, niscaya hal itu juga akan membawa pengunjung dengan sendirinya kepada blog kita. Mereka tentu akan penasaran dengan komentar bagus kita. Dengan begitu, tidak harus tersurat mengajak blogger mengunjungi blog kita, secara tersurat melalui komentar bagus kita pun bisa bahkan akan lebih efektif seperti itu. Citra kita akan terangkat, dan blog kita pun akan ramai dengan sendirinya.

Menarik bukan?
Karena itu, mulai sekarang mari kita biasanya berkomentar secara benar. Jangan asal komentar kentut yang tak ada gunanya dan hanya terkesan meminta-minta. Tunjukan kualitas kita sebagai komentator yang baik! Siap?
Jangan lupa tanggapannya ya kawan-kawan..
Salam blogger!

2 komentar:

  1. Komentar saya di anggap kentut kah ?

    BalasHapus
  2. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

    silahkan berkunjung di intanqq

    BalasHapus