Teknik Menulis Ala KISS

Hai blogger semuanya..
Wah, hari ini lagi rajin-rajinnya posting nih setelah beberapa hari lamanya absen. Yup, untuk mengisi kekosongan tersebut, kali ini kita akan belajar lagi mengenai cara menulis potingan yang baik dan benar melalui teknik kiss! Apa itu? Hayo, ini bukan kiss dalam artian bahasa inggris yang sebenarnya lho? (dalam bahasa inggris, kiss itu artinya ciuman). Kiss di sini merupakan kependekan dari keep it simple and short!

 

Yup, dari namanya saja sudah kelihatan bukan apa maksud yang diharapkan dari teknik menulis ini? Keep it simple and short, jika diartikan adalah tetap menulis dalam bentuk yang sederhana dan pendek.

Bagaimana penjelasan lengkapnya?
Begini, dalam menulis postingan menggunakan teknik ini diharuskan untuk menampilkan apa yang ingin dipublikasikan dengan kemasan yang sederhana dan dalam jumlah kata yang sedikit. Jika kita merupakan tipikal blogger yang cenderung malas menulis, teknik menulis seperti ini sangat dianjurkan untuk dicoba. Selain kita hanya menampilkan poin-poinnya saja, manfaat lainnya adalah kita akan lebih menghemat banyak waktu yang biasanya kita gunakan untuk menulis.

Sebenarnya, apa sih manfaat utama yang ingin kita capai dari menulis dengan gaya ini?
Yup, pembacalah jawabannya!
Biasanya pembaca tidak suka melihat hingga membaca tulisan yang panjang lebar dan membahas masalah yang bukan intinya. Solusinya? Pembaca akan membaca dengan skimming atau teknik membaca cepat tanpa pemahaman mendalam dan cenderung acak melompat-lompat dengan melihat kata-kata yang dianggapnya menarik. Nah, selain manfaat yang disebutkan di atas, dengan menulis menggunakan teknik ini juga akan meminimalisir kebosanan pembaca pada saat membaca postingan kita. Selain itu, hal ini juga bermanfaat agar informasi yang ingin kita berikan dapat tersampaikan lebih mudah dan cepat tanpa intermezzo yang ini lah yang itu lah yang bertele-tele. Betul?

Apakah kalian juga sudah menerapkan teknik menulis seperti ini? Pada dasarnya teknik ini hanya dianjurkan untuk blog yang bersifat informatif, tujuannya agar informasinya lebih sederhana, ukurannya pendek hingga akhirnya tetap enak diresapi serta mudah dimengerti. Akan tetapi, jika blog kita memang bukanlah blog yang informatif atau kita lebih suka berkata-kata tanpa makna yang lebih menonjolkan ekspresi hati kita, menggunakan cara penulisan menurut selera pribadi jauh lebih dianjurkan. Mengapa? Karena yang lebih mengerti gaya menulis yang paling cocok untuk kita adalah diri kita sendiri bukan?

Ok, kalau ada sanggahan atau masukan langsung saja tinggalkan lewat komentar ya?
Salam blogger semuanya..!

2 komentar:

  1. Saya punya 2 blog yang satu tentang game ngage artikelnya panjang-panjang dan satu lagi tentang tips blog artikelnya pendek. Benar yang panduan belajar blog katakan jikalau intinya adalah membuat pembaca mudah mengerti :)
    thanks atas ilmunya panduan belajar blog :)

    BalasHapus
  2. Gmna cara Ngedapetin tuh ide-ide?
    trus gmna cara penulisan yg baik menarik menghibur ?

    BalasHapus