Seputar SPAM

Hai kawan blogger semua..
Apa kabar hari ini? Masih dalam keadaan baik-baik bukan? Yup, semoga hari-hari kita selalu dilimpahkan dengan kebaikan dan keberkahan dalam menjalani hidup. Ok, pada bahasan hari ini kita tidak akan membahas lagi mengenai teknis blog, tetapi kita akan mengalihkannya untuk mencoba membahas topik baru yang berhubungan dengan istilah dalam dunia blogging. Pada pembukaan label baru ini kita akan awali dengan pembahasan mengenai apa sih pengertian spam itu? Dan bagaimana juga dampaknya atau bahayanya spam terhadap diri kita? Penasaran..?
Yup, yuk langsung saja kita bahas bersama-sama untuk melihat panduan lengkapnya.

 

Spam atau bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk media penyiaran dan sistem pengiriman digital) untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Umumnya, spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers, wikipedia.
Pengertian spam secara harfiah adalah sampah. Sekarang ini, media penyebaran spam banyak sekali yang menjangkit terutama melalui komentar yang kita tuliskan untuk sebuah postingan dalam blog. Sebuah komentar yang dikirimkan untuk menanggapi postingan sebuah blog dan berisikan spam disebut komentar spam.

Yup, pada intinya spam merupakan sebuah pesan yang masuk ke dalam suatu sistem seperti akun yang kita miliki di internet dan berisikan tentang konten-konten yang tidak berguana alias sampah yang dapat mengganggu atau bahkan merugikan bagi pihak yang dikirimi spam tersebut. Bagaimana sebuah komentar itu dapat dikategorikan sebagai sebuah spam?

Pada umumnya, sebuah komentar yang dikirimkan dapat dikategorikan sebagai sebuah spam apabila memenuhi kriteria sebagai berikut, antara lain;
Tidak diminta. Maksudnya di sini adalah komentar yang dikirimkan untuk menanggapi postingan tersebut justru tidak ada kaitannya sama sekali dengan isi yang diulas dalam postingan tersebut. Biasanya inilah kebiasaan yang sering kita lakukan. Kita hanya asal tulis komentar yang pada intinya komentar tersebut tidak menampilkan relevansi dengan isi dari postingan yang kita komentari, tetapi hanya kita gunakan sebagai formalitas untuk ajang promosi. Nah, untuk itu agar kita juga tidak dicap “ngawur” oleh pembaca lain, ada baiknya jika kita juga membaca terlebih dahulu sebelum memberikan komentar terhadap sebuah postingan yang diterbitkan oleh pemilik blog agar komentar kita tersebut tidak dicurugai sebagai spam.
Bulk. Apa maksudnya? Maksdunya adalah komentar yang kita tuliskan untuk menanggapi sebuah postingan dalam satu blog kemudian kita tuliskan lagi untuk menanggapi postingan dalam blog lain. Atau bisa dikatakan jika kita memberikan komentar yang hampir sama kandungan isinya untuk menanggapi berbagai isi postingan di berbagai blog milik orang lain.

Meski bentuk spam yang paling terkenal adalah melalui komentar, tetapi masih ada juga bentuk spam yang lain seperti spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial. Beberapa contoh lain dari spam, yaitu pos-el berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, berita yang tak berguna dan masuk dalam blog, buku tamu situs web, spam transmisi faks, iklan televisi dan spam jaringan berbagi. Wah,, ternyata banyak juga ya variasi dari spam ini?

Lalu, apa sebenarnya tujuan dari spammers dalam mengirimkan spam ini kepada kita?
Beberapa tujuan umum yang sering dipakai oleh spammers dalam melancarkan aksinya dapat kita ketahui dari penjelasan sebagai berikut;
  1. Biasanya spam digunakan sebagai ajang promosi terhadap berbagai produk barang dan jasa yang akan dipasarkan. Analoginya adalah dengan mahalnya tarif promosi iklan di dunia maya maupun di dunia nyata, maka hanya dengan menggunakan robot mail semua pesan promosi tersebut akan terkirim luas ke semua pengguna email di dunia. Sebuah cara yang sangat efektif san efisien dalam melakukan promosinya.
  2. Bom email. Biasanya ini digunakan untuk menjahili seseorang agar orang tersebut menerima email yang tidak berguana dan hanya dianggap sebagai sampah dalam jumlah yang sangat banyak dan dilakukan secar terus menerus. Bisa dibayangkan bukan betapa repotnya jika kita yang menerima bom email ini dari spammers?
  3. Media pishing. Hal ini digunakan untuk menjebak orang sebanyak-banyaknya agar masuk ke dalam link trap atau perangkap link, sehingga saat seseorang mengklik url yang dikirimkan padanya orang tersebut tidak akan meluncur ke alamat url yang sebenarnya, tetapi masuk ke perangkap link yang sudah dibuat tersebut.
  4. Media penyebaran virus dan worm. Virus dan worm memang mudah sekali menyebar melalui email. Sebab sudah menjadi kebiasaannya jika virus dan worm ini menyebarkan file-filenya ini kepada seluruh pengguna email di dunia untuk mendapatkan korban sebanyak-banyaknya.
Memang banyak tujuan yang melatar belakangi spammers mengirimkan banyak spam kepada kita. Jadi, jangan lupa untuk meningkatkan waspada dalam menganalisis segala sesuatu yang mencurigakan dan dikirimkan kepada kita.

Setelah membahas mengenai spam dan tujuan spammers melakukan semua ini, lalu apakah spam ini sebenarnya berbahaya? Yup, dapat dikatakan jika spam ini sangat berbahaya bagi kita yang menjadi korbannya. Seperti apa saja bahaya dari spam ini?
Berikut ini beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari spam, seperti;
  1. Waktu kita akan terbuang percuma karena akan banyak dihabiskan untuk memindahkan dan menghapus email yang lolos filter dan masuk ke inbox tetapi ternyata diduga sebagai spam.
  2. Hardisk dalam komputer atau laptop kita akan korup karena dipenuhi file-file yang diindikasi sebagai spam.
  3. Biasanya koneksi internet kita menuju ISP akan membengkak.
  4. Akan menimbulkan masalah tersendiri jika ada virus dan worm yang menyusup dan masuk ke dalam komputer dan laptop kita karena spam ini.
Wah, ternyata spam ini sangat berbahaya ya? Tidak hanya mengganggu karena sifatnya yang sebagai sampah tidak berguna dan menjengkelkan kita, tetapi dibalik itu ternyata juga masih ada bahaya lainnya yang dapat mengancam dari spam yang kita diterima ini. Apakah ada solusi tepat untuk mengatasinya?
Yup, semua penyakit pasti ada solusinya.

Bagaimana menjinakan spam agar tidak lagi berbahaya bagi kita? Beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk meminimalkan resiko kita terkena dampak negatif dari spam ini anatar lain;
  1. Menggunakan antivirus untuk mencegah spam dalam laptop dan komputer kita.
  2. Memberi filter untuk spam pada router ato server email dan smacamnya.
  3. Menggunakan firewall bawaan OS dan personal firewall.
  4. Mengaktifkan anti-relay atau non aktifkan relay sistem pada server e-mail kita.
  5. Menggunakan fasilitas mail filtering yang ada di Outlook Express.

Selain itu, ada beberapa solusi spesifik yang dapat menghindarkan kita terkena spam khusus yang berasal dari media email, antara lain dengan beberapa langkah sebagai berikut;
  1. Jangan tergoda untuk membuka lampiran email yang dikirimkan oleh orang yang tidak dikenal. Bisa jadi lampiran tersebut berisi file jahat yang berbahaya bagi kita.
  2. Jangan membalas perlakuan spam. Mengapa? Karena bisa jadi alamat pengirim spam tersebut adalah alamat palsu yang pada akhirnya nanti akan membuat kita menerima email spam lebih banyak lagi.
  3. Jangan mengisi formulir yang menyuruh untuk memberikan data pribadi kita. Karena inilah cara yang biasanya digunakan oleh para hacker dan cracker dalam mencuri data pribadi kita. Symantec mengatakan, perusahaan terkemuka tidak mungkin meminta informasi pribadi Anda melalui email. Jika ragu, hubungi perusahaan itu lewat jalur resmi terpisah. Jangan mengklik atau copy-paste dari link dalam pesan.
  4. Jangan membeli produk barang dan jasa yang dikirimkan penawarannya melalui email spam.
  5. Jangan membuka pesan spam yang memang sudah jelas dianggap sebagai spam oleh filter otomatis dari penyedia jasa layanan email.
  6. Jangan teruskan email berantai yang memberitahukan jika sekarang ini banyak sekali kejahatan dunia maya dan kita diwajibkan untuk lebih berhati-hati karenanya. Bisa jadi email peringatan tersebut justru menjadi sebuah spam tanpa kita ketahui.

Yup, itulah berbagai penjelasan mengenai seluk-beluk spam beserta bahaya dan cara mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menghindarkan kita dari bahaya spam yang mengancam selama ini. Biasakan juga bagi kita para blogger untuk tidak berkomentar asal-asalan untuk promosi blog apalagi mencantumkan link sembarangan agar tidak diindikasi sebagai spam. Selain menghindarkan bahaya spam, dengan berkomentar secara baik juga akan menambah wibawa kita sebagai contoh seorang blogger yang baik dalam menerapkan etika blogging di dunia maya. Jangan hanya perhatikan diri sendiri, tapi perhatikan juga bagaimana kesan yang akan timbul dari orang yang akan membaca komentar kita agar kita semakin terpacu untuk menghindari spam dan semakin terpacu untuk berkomentar lebih baik lagi.

Selamat berkomentar kawan..
Salam blogger..!

23 komentar:

  1. Spam di Komentar Blog yg paling sering ane kunjungin -_-"

    BalasHapus
  2. memang sih, biasanya ini banyak kita jumpai untuk para blogger pemula. akan tetapi, bagaimana pun juga tidak ada salahnya jika kita pun turut serta dalam memberikan panduan kepada mereka agar lebih mengetahui lagi tentang apa sih sebenarnya spam itu..? karena sekarang banyak admin blog yang marah-marah dan mewanti-wanti pengunjung mereka agar tidak melakukan spam komentar terhadap postingannya. yup, semoga ini bisa jadi pembelajaran bagus untuk meningkatkan kualitas dunia blogging indonesia.
    salam blogger..!

    BalasHapus
  3. wah makasi infp nya gan..
    blog ane juga banyak banget yang ngirim komentar spam

    BalasHapus
  4. makasgih mas, atas informasinya, saya jdi paham apa itu spam sekarang

    BalasHapus
  5. iya sama2, thx 4 visiting yaa.. ;)

    BalasHapus
  6. Jadi, apakah dianggap spam apabila melakukan pemberitahuan posting terbaru melalui komentar ? Isinya sama2, tapi hampir ke semua blog yang pernah aku komentar, aku kirimkan ke situ.

    BalasHapus
  7. apakah yg dimaksudkan itu telah berkomentar dengan comment luv atau tipe kotak komentar yg sejenisnya?
    kalau iya, sepertinya itu bukan dianggap sebagai spam, karena kita pasti yakin jika pembuat fasilitas tsb sudah memperhitungkan aspek spam sebelumnya.

    yang dimaksud dengan spam di sini lebih ditekankan pada ulah untuk berkomentar, tapi dalam isi tulisan komentar kita tsb kita juga menyematkan URL atau link. nah, itu yang tidak baik.

    antisipasinya sudah nyata, baik blogspot maupun wordpress sudah memberikan proteksi. jika di wordpress ada fasilitas akismet, maka di blogspot juga sudah ada fitur filter antispam. so, tidak usah khawatir. :)

    jangan lupa untuk memberikan kode verifikasi di setiap kotak komentar dalam blog kita, sehingga robot spam tidak akan bisa masuk. :)

    BalasHapus
  8. gini bos, tadi ada yang komentar di blogku, tapi masuk spam, saya gak tau kenapa ? Padahal komennya gak ada link hidup, atau sejenisnya, apa baiknya komen itu dihapus atau bagaimana ?

    BalasHapus
  9. tetep hapus saja bro, sebab cara kerja blogger dalam melindungi akun blogger kita dari spam pasti sangat ketat. indikasi sebuah komentar dianggap sebagai spam tidak hanya karena adanya link hidup dalam komentar yg dituliskannya, tetapi meliputi beberapa sebab seperti:

    1.blognya masuk daftar blacklist (splog/spam blog).
    2.IP adressnya masuk daftar blacklist.
    3.email yang digunakan sering digunakan untuk melakukan spam komentar.
    4.nama yang digunakan biasanya berupa keyword.
    5.isi komentar yang terus sama isinya untuk beberapa isi postingan blog.

    BalasHapus
  10. Woke bos ! Ntar ane hapus tu komen, ternyata memang para master yang biasanya suka usil sama blog newbie gini, blog aku dijadiin kelincinya, terima kasih infonya !

    BalasHapus
  11. sama2 bro, senang bisa membantu. :)

    BalasHapus
  12. kalo spam di alamat email gimana?
    sya pernah ngirim email ke teman tapi kok masuknya ke spam?
    padahal dibutuhkan kok

    BalasHapus
  13. kalo misalnya ada akun di fesbuk yg mencari teman sebanyak2ny dgn tujuan promosi blog,,
    apa itu juga spam mas bro?
    apa lagi dia ikut ngomment status org2 pdahal isinya link untuk ke situs blognya sendiri
    mohon penjelasan

    BalasHapus
  14. Ternyata selama ini saya sering melakukan SPAM, dengan melakukan komentar yang sama pada banyak blog.. Maaf kalau gitu. Maklum, baru pemula sobat!

    BalasHapus
  15. Sampai sekarang saya kurang paham dengan SPAM, Saya pernah koment di suatu blog dan koment saya gak muncul, saya ulang masih juga gak muncul, padahal saya koment biasa saja, apakah itu termasuk spam???

    BalasHapus
  16. gan ane mau tnya ni, apakah blog yg bevirus disebabkan oleh SPAM juga??sya sring menemui blog, abs tu ada pemberitahuan dari antivirus bhwa situs itu bevirus. itu gimana gan??
    oia gan, jngn lupa mmpir di blog ane juga yaa ^^
    follow juga yaa gan, blog agan udh ane follow. biar bs menjalin prshabatan hehe

    BalasHapus
  17. wach pantes aja banyak banget sekarang spam di facebook...ternyatayang mudah di spam jejaring sosial.makasih ya atasinfonya

    BalasHapus
  18. Yang paling benci itu spam pada komentar blog.
    Padahal saya bikin artikelnya yang tentang spam.
    Eh masih ada saja yang komentar spam.

    BalasHapus
  19. saya sangat setuju dengan artikel mas, soalnya banyak sebahagian blogger yang berkomentar hanya mementingkan tujuannya saja, kalau saya mas secara pribadi telah membuat peraturan dan melakukan pemeriksaan secara rutin jika ada komentar yang spam

    BalasHapus
  20. di blog saya ada yang masuk dalam komentar spam dan tidak saya publish. itu baiknya dihapus saja atau bgm?
    kunjungi balik ya mas.
    ilmudes

    BalasHapus
  21. Makasih gan untuk informasinya, sangat membantu :)
    http://goo.gl/BKYz7c

    BalasHapus
  22. http://lm.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fbit.ly%2F2a0GYaK&h=3AQHoVwIl&enc=AZPowxfweNzRs9It2pnU__VXPHokSfeAzVZkLpsTryNsSifDlux7B0zXtKN325jwq6AuNNIqYVN1B04LMHviVyjQ349wpOJ5-hxYoaLuTW_pyMD8uTTKmmm0P2UH34PVNIfQm_qDLpx_t2VoiISYxIujXKm45hrSL3bhzrNQ27Yl7FRDfbEL_jz89v2meDQOC9Q1IW-VI1-we9NI8BeSwD9CCfxUn4-brswdEno0Jwum-_OGv5uoEjvDqeRLOZrgc0M&s=1

    BalasHapus