Budayakan Anti CoPas Postingan Blog

Hai blogger semua..
Apa kabar hari ini? Baik bukan? Yup, seperti biasannya jika sapaan itu sangat penting diucapkan untuk menambah kedekatan di antara kita? Right? Hahahaa . .

Pada kesempatan yang indah ini apa nih yang mau kita bahas? Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara khusus tentang budaya anti penjiplakan postingan lewat aksi asal copas dari konten sebuah blog!
Waow, sepertinya menarik ya? Dari temanya saja sudah ketahuan tentang apa saja yang nantinya akan kita bahas di dalamnya. Ok, kalau begitu tanpa panjang lebar menghabiskan kata-kata untuk intro mari kita mulai saja pembahasannya!


Sebelumnya, apa kalian sudah mengetahui jika selama ini ada banyak sekali blogger yang mengisi blognya dengan konten-konten hasil bajakan alias copas (copy paste) dari blog lain? Yup, memang begitulah kenyataannya. Memang sih, menyalin ulang dan menerbitkan konten milik blog orang lain ke dalam blog kita adalah hal yang lumrah. Akan tetapi, sekali lagi harus diperhatikan betul-betul etika yang harus kita jaga dan terapkan untuk menjalankan aktifitas tersebut.

Apa saja etika yang perlu diperhatikan dalam menyalin dan mempublikasikan ulang konten milik blog orang lain ke dalam blog kita?
Yup, pertama adalah konten yang kita publikasikan ulang dalam blog kita tersebut tidak bermaksud digunakan untuk mencari keuntungan komersial. Dan yang kedua sekaligus yang terpenting adalah kita mendapatkan izin dari pemilik konten tersebut. Setidaknya jika kita tidak mengusahakan meminta izin secara langsung adab atau etika kita yang benar seharusnya adalah memasang link sumber tulisan tersebut dalam postingan blog kita.

Kenapa kita dilarang asal jiplak?
Yup, aksi penjiplakan konten lewat copas memang sangat merugikan. Bayangkan saja jika hasil jeri payah karya orang lain seenaknya kita copas dan publikasikan ulang tanpa mencantumkan hak cipta dari karya tersebut? Sangat memalukan dan menyakitkan bukan? Bayangkan saja jika konten yang dijiplak tersebut adalah konten dalam blog kita? Tentu kita akan sangat marah bukan? Tulisan yang kita buat susah payah di rampas begitu saja oleh orang lain tanpa mencantumkan sumber identitas kita sebagai pembuatnya.
Selain menimbulkan keburukan moral, aksi asal copas ini juga akan melemahkan kreatifitas kita sebagai blogger! Seandainya kita sering copas tulisan untuk memenuhi blog kita, bukankah itu sama juga membunuh karakter dan daya kreatifitas menulis yang ada dalam diri kita? Yup, ingatlah jika pada intinya aktifitas dalam dunia blogging itu untuk menulis mengekspresikan apa saja yang ingin kita ungkapkan. Jika kita hanya mengungkapkan ide-ide dari tulisan orang lain, apa nikmatnya dari aktifitas blogging yang selama ini kita lakukan? Bukankah lebih membanggakan saat tulisan hasil karya kita sendiri dipublikasikan dan kemudian banyak mendapat tanggapan dari banyak orang? Iya kan?

Jika kita masih ragu tentang kualitas tulisan kita, ada baiknya kita membaca kembali apa saja sih kriteria menulis postingan yang efektif dalam blog seperti teknik menulis ala kiss itu? Dengan menulis yang baik dan benar, niscaya lama-lama karakter menulis dalam diri kita juga akan terbentuk dengan sendirinya.
Dan yang paling penting adalah jangan pernah takut untuk mencobanya! Pada awal-awalnya memang kelihatan kurang memuaskan, tetapi suatu saat nanti kita pasti akan merasa bangga dengan kualitas tulisan yang telah kita tuliskan! Setuju?

So, mari kita galakan menulis kreatif mulai sekarang ini juga! Jangan hanya menjadi blogger pencundang dengan hanya bisa mengandalkan aksi maling konten milik orang lain untuk tetap eksis di dunia blogging! Semangaaaattttttt..!!!!!!

Ok, seperti biasa kalau ada unek-unek, saran, kritikan, cacian, hinaan, makian, atau celaan langsung saja tuliskan di kotak komentar di bawah ini ya?
Salam blogger semuanya..!

2 komentar:

  1. saya sependapat dengan kakak..
    plagiat (tukang copas) harusnya lebih tau diri untuk menjiplak karya orang lain.. sekian

    BalasHapus
  2. nice.... agree with your statements guys....

    but the original practicts more better than just a said...(lol)

    BalasHapus