5 langkah memulai blogging

Hai, apa kalian sudah memiliki sebuah blog..? Jika iya, bagus. Karena dengan blog yang kita miliki akan sangat bermanfaat sekali bagi diri kita. Lalu, bagaimana dengan yang belum punya? Yup, segeralah buat blog! Masih ragu dengan manfaat dari memiliki sebuah blog..? Atau justru sampai sekarang kalian belum tahu apa itu blog? Tenang, silakan saja kalian cari informasi yang lengkap seputar dunia blogging di blog ini.
Bagi yang sudah punya blog, bagaimana perkembangan blog kalian semua..? Banyak pengunjungnya atau masih sepi-sepi saja? Jika blog kalian masih belum menampakan hasil yang seperti harapan, tenang saja karena masa awal-awal memang belum banyak yang tahu blog kalian. Bisa karena kurangnya promosi atau salah dalam persiapan sebelum memulai blogging. Eits, persiapan yang bagaimana..?
Banyak hal yang sebenarnya harus kita persiapkan sebelum memulai aktifitas blogging. Mulai dari persiapan perencanaan teknis maupun nonteknis hingga masalah promosinya. Apakah sebelumnya terpikirkan oleh kalian untuk melakukan semua itu?


Jika belum, yuk kita bahas bersama-sama tentang langkah cerdas apa yang harus kita lakukan dalam mempersiapkan blog kita sebelum memulai aktifitas blogging..!

Seperti yang kita ketahui jika semakin hari jumlah pemilik blog atau blogger kian bertambah. Jika kita menjalani aktifitas blogging hanya berdasarkan hobi dan tidak mencari penghasilan, tentu hal ini bukan sebuah masalah. Bahkan hal itu akan semakin membuat mereka umumnya senang karena dunia blogging akan semakin ramai dan semarak oleh para pendatang baru. Tapi, bagaimana dengan blogger yang melakukan aktifitas blogging karena latar belakang komersial untuk menghasilkan uang? Tentunya mereka akan banyak saingan dan harus ekstra keras dalam mengelola blog miliknya agar tetap selalu menjadi yang terbaik bukan.
Nah, untuk itu bagi semua blogger tanpa pandang bulu apapun motifnya dalam menjalankan blogging, kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya sebelum aktifitas blogging tersebut dimulai, seperti;

Perencanaan

Sebelum kita memulai blogging, pastikan jika perencanaan kita telah matang baik itu teknis maupun nonteknis. Perencanaan teknis bisa berupa apakah dalam menjalankan aktifitas blogging kita menemukan gangguan semisal koneksi internet yang naik turun, dsb. Perencanaan teknis juga bisa berupa apakah nama blog yang kita pilih sudah cocok dengan temanya, alamat blog kita juga apakah sudah mendukung tema yang kita usung dan mudah dihafalkan orang, serta apakah kita memakai platform blog yang sudah sesuai dengan kebutuhan blogging kita.
Untuk perencanaan nonteknis ada bermacam-macam, seperti apakah tema yang kita pilih sudah final dan sesuai harapan kita, seperti apa target pengunjung kita, dan sejauh mana ruang lingkup bahasan tulisan terkait tema yang kita pilih dalam blog kita.

Konten

Yup, ingat dan selalu ingatlah jika konten itu segalanya dalam blog kita. Kita dapat mengartikan jika konten atau tulisan postingan itu merupakan nyawa dari blog kita. Masih ingat kan dengan slogan content is the king..?
Janga remehkan isi dari tulisan dalam blog kita, karena sesungguhnya seseorang yang mengunjungi sebuah blog itu adalah untuk membaca, bukan karena alasan yang lain! Jadi, berikan perhatian yang lebih saat kita membuat tulisan dan mempublikasikannya dalam blog. Gunakan referensi terpercaya agar tulisan kita lebih berbobot dan mengandung dasar yang kuat saat kita menuliskan sebuah topik yang belum begitu kita kuasai. Jangan lupa juga untuk memberikan penilaian pribadi apakah tulisan kita ini telah layak untuk dibaca orang banyak atau belum. Pada intinya adalah dalam menulis itu berikan sebuah tulisan yang menarik dan mengandung manfaat bagi orang lain! Jika memungkinkan, gunakan gaya bahasa yang menarik dan enak dibaca serta perhatikan jenis huruf (font) agar nyaman untuk dilihat.

Desain

Berbeda dengan di dunia nyata, jika kita mengunjungi sebuah pertal di dunia maya baik itu website maupun blog tentu kesan pertama akan tertuju pada bagaimana desain yang ditampilkan dari blog tersebut. Menarikah..? Bukan masalah pada apakah desain tersebut menarik karena didesain oleh desainer blog tingkat tinggi atau kita memakai desain blog berupa template yang premium. Bukan itu..
Tapi, ini lebih mengarah pada sinkronisasi dan manajemen tata letak pernak-pernik yang kita susun dalam blog kita dengan temanya. Jika kita mempunyai blog yang bersifat pribadi, maka penggunaan template dengan warna yang cerah dan diberikan pernak-pernik yang menarik memang bukan sebuah masalah, bahkan dianggap baik karena pada dasarnya ingin menampilkan ekspresi yang dicurahkan dalam tampilan blognya. Akan tetapi, bagaimana jika hal tersebut di gunakan untuk jenis blog yang bersifat komersial dan menargetkan jumlah pengunjung yang banyak? Tentu bukan sebuah pilihan yang tepat kan? Mengapa? Yup, hal ini kembali lagi dari sifat pengunjung yang mendatangi blog itu untuk membaca, bukan untuk melihat desain atau pernak-pernik dalam blog kita saja. Akan lebih baik jika kita hanya memasang pernak-pernik blog yang standar dan memang dibutuhkan agar tidak terlalu mencolok dan mengganggu pengunjung kita untuk membaca. Pilihan warna dasar putih juga sangat disarankan jika blog kalian merupakan jenis blog yang menyajikan informasi berita-berita atau semacam majalah agar mata pengunjung lebih nyaman saat membaca tulisan yang kalian publikasikan.
Bagi blog pribadi, pilihan template itu sangat mencerminkan karater kalian. Jadi, pilihlah template yang sesuai dengan pilihan hati kalian masing-masing.

Link

Saat awal-awal membuat postingan tulisan, jangan lupa untuk memberikan link-link yang menghubungkan postingan kita tersebut dengan postingan-postingan kita sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mempromosikan postingan kita sebelumnya agar dibaca juga oleh pengunjung. Akan tetapi, tetap ingat juga jika pemberian link tersebut haruslah nyambung dengan isi postingan yang sedang kita tulis nantinya. Jangan asal pasang link yang mungkin bisa memperlihatkan kesan memaksakan untuk promosi artikel dalam postingan kita terdahulu.
Selain memiliki fungsi untuk mempromosikan postingan sebelumnya, pemberian link pada beberapa kata dalam postingan blog kita juga akan meningkatkan peluang sebagai kata kunci untuk mendukung postingan blog tersebut muncul dalam urutan yang baik dalam hasil pencarian search engine untuk kategori yang sama.

Promosi

Saat kita sudah memiliki blog, promosi blog kita memang merupakan sebuah hal yang penting. Bayangkan saja saat ada banyak sekali perusahaan yang rela mengeluarkan biaya besar hanya untuk mempromosikan produknya di media masa. Untuk apa hal tersebut dilakukan jika tidak ada manfaatnya yang besar? Apa sih manfaat utamanya? Yup, tidak lain tidak bukan adalah agar blog kita ini dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas..!
Jika blog kita sudah banyak dikenal tentunya akan mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita bukan? Dan apabila sudah banyak pengunjung yang datang serta menikmati kualitas blog kita dengan baik, bukan tidak mungkin blog kita akan semakin banyak didatangi oleh pengunjung-pengunjung lain karena popularitas blog kita yang sudah didapat.

Apakah semua kriteria persiapan di atas sudah kalian kerjakan? Jika belum, jangan ragu lagi untuk memulainya sekarang! Ingatlah jika kesempatan itu hanya berpihak pada orang-orang yang siap.
Jadi, jika blog kalian ingin tetap eksis dalam dunia blogging maka jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal. Tidak harus berpatokan murni pada kriteria di atas, karena sesungguhnya kalian sendirilah yang lebih mengerti tentang kondisi blog yang kalian miliki. Sarannya adalah lakukan persiapan sematang mungkin dan segeralah lakukan perbaikan jika terdapat kekurangan atau ketidakpuasan pada sebuah item tertentu dalam blog kita.

Jangan cepat menyerah dan tetaplah berusaha..!
Salam Blogger..!

0 komentar:

Posting Komentar